Selamat Hariraya Idul Fitri 2017 "Minal Aidin Walfaizin", Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Custom Search

Sabtu, 10 Juni 2017

Penerimaan Siswa Baru Jalur Prestasi Tanpa Tes

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Penerimaan peserta didik baru dari Sekolah Dasar (SD) yang mendaftar di sekolah menengah Tingkat Pertama (SMP) di Jember Jawa Timur melalui jalur berprestasi, tanpa tes.

Tes seleksi jalur prestasi dan cabang oleh raga (cabor), digelar pada malam hari saat bulan Ramadhan, usai sholat teraweh. beberapa cabor yang di teskan kan antara lain, bola volly dan basket ball, Khusus bagi peserta didik yang mempunyai sertifikat Olipiade Siswa Nasional (OSN), langsund diterima tanpa tes.

“Kita menghargailah anak anak yang telah membawa nama Jember itu, kedua anak  yang hafal Juz amma juga kita langsung menerima sesuai dengan perintah bupati kepada kepala dinas kita akan mengakomodasi,“ ungkap Kepala sekolah SMP Negeri  7 jember Syaiful Sabtu Malam (10/6)

Jadi anak yang seperti itu sambung Syaiful sudah tidak ada tes fisik atau pembinaan, tetapi untuk anak yang tidak mempunyai sertifikat  pihaknya masih ingin melihat kemampuan fisiknya, “ jadi kalau ada yang sudah fisiknya bagus maka dari sekarang akan kita bina, agar tidak terlambat,” tambahnya.

Lebih lanjut Syaiful menjelaskan dari jumlah 174 kita diberi pagu dari dinas pendidikan maksimal diperbolehkan menerima 25 persen dari pendaftar atau setara dengan 80 siswa, “itupun kalau kita ambil maksimal namun kita tidak paksakan, kita tinggal lihat nanti,“ Lanjutnya.

Sesuai petunjuk dari dinas pendidikan, berdasarkan perintah dari direktorat kemendikbud menurutnya untuk di Jember ada 3 SMP yang ditunjuk sebagai sekolah kelas olahraga yakni SMPN 1 Jember, SMPN 2 Jember dan SMPN 7 Jember sendiri.

“Jita yang ditunjuk mungkin karena kita sering menciptakan anak yang berprestasi, sehingga SMP 7 dijadikan kelas olah raga, untuk tim putri kita tak terkalahkan untuk tim putra kita kalah menang,  kadang kita final kadang di perempat final. Yang paati kita masuk 4 besar Jawa Timur,“ terangnya,

Di tempat berbeda menurut Wakil kepala sekolah SMPN 1 Jember, Rofik anis, bahwa tes yang dilakukan yaitu fisik skill dan ketrampilan seperti lari 40 meter, test kelincahan lari 5 meter, bolla Volly, set Up, Back UP, “kalau untuk yang basket ada test daya tahan atau blizt test daya tahan.” Ucap ketua pelaksana.

Jumlah peserta  test semua ada 101 peserta, yang digolongkan dari basket 29 , Volly 14 dan prestasi 21, selebihnya 37 adalah marcing band, “Selain dari jalur khusus yakni dari SD kepatihan 02 sebanyak 32 peserta didik, karena kita sudah terikat MoU, dari 101 kita akan ambil 48 peserta didik,” terangnya.

Kasi Kesiswaan dan kelembagaan SMP Dinas Nur hamid, membenarkan kalau yang sudah mempunyai Sertifikat OSN bisa langsung diterima, "Bukan hanya itu juga yang bisa langsung diterima juara 1, 2 sampai 3, Hotmail Qur'an, yang kalau tidak juara berarti dia harus hafal minimal jus amma," jelasnya. (yond/edw)

Berita Terkait Pendidikan

Tidak ada komentar: