"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Minggu, 30 Juli 2017

Cuaca Ekstrim, Harga Ikan Segar di Situbondo Naik

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Terkendala cuaca ektrim, para nelayan di Situbondo Jawa Timur enggan melaut, akibatnya harga ikan, Jawa Timur, naik hingga 52 persen.

Hal ini dikeluhkan Nelayan desa Semiring, Mangaran, Sudirto (45), menurutnya sejak Juli cuaca sudah tak bersahabat, ia memprediksi cuaca buruk hingga Novermber. “Saat ini beberapa nelayan yang memaksa melaut, hasil tangkapannya tak sebanding dengan biayanya”. Ungkapnya Minggu (30/07).

Kurangnya pasokan ikan berdampak pada sejumlah harga ikan segar, seperti ikan  jenis tongkol, senelumnya harganya Rp 15. 000 per kilogram, kini naik menjadi Rp 30.000, hingga Rp 36 .000. Termasuk  ikan,  asin saat ini harganya mencapai Rp 35.000, hingga Rp 40.000  per kilogram.

"Dengan langkahnya tangkapan para nelayan, berakibat naiknya harga sejumlah ikan segar, sehingga aktivitas penjualan ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) kalbut sekarang kondisinya juga menjadi sepi." Keluh Sumina ( 53) salah seorang pedagang ikan dipasar Kojuk Desa semiring.

Konsumen lebih cenderung membeli ikan yang didinginkan di tempat penimbunan ikan, disamping lebih mudah juga lebih murah, seperti ikan tongkol, Rp 25. 000 per kilogram. "Ikan yang di dinginkan memakai es akan beda harga dan rasanya dengan ikan  hasil tangkapan langsung dari nelayan yang masih segar" Ujarnya. (edo)

Berita Terkait Pertanian

Tidak ada komentar: