"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Thursday, July 20, 2017

Presiden Jokowi Minta Bupati Percepat Proses Perizinan

Jakarta, MAJALAH-GEMPUR.Com. Presiden Joko Widodo, Kamis (19/7) meminta para Bupati di seluruh Indonesia untuk memahami perubahan cepat dunia, dengan mempersingkat perizinan di daerah.

Jangan sampai berbulan-bulan. Saat ini bangsa Indonesia harus bicara jam dan hari. Kalau tidak maka bangsa ini akan ditinggal.  Demikian tegas Jokowi dalam arahannya yang disampaikan pada Apkasi Otonomi Ekspo  (AOE) 2017, di Hall Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan Jakarta.

Perkembangan dunia sudah tidak lagi pada persoalan transportasi, juga ruang angkasa, dan otomotif. Perubahan cepat bisa dilihat dari perkembangan  internet. Mesin - mesin pencarian telah sangat cepat menjawab pertanyaan masyarakat. Maka bangsa ini harus segera mengantisipasi, kalau tidak ingin menjadi pasar belaka.

Kalau sudah begitu, menurutnya maka kita tak  akan bisa apa - apa. Nah, ini tugas pemerintah hingga daerah untuk menyiapkan SDM dalam menyesuaikan perubahan tersebut. Jika tidak segera kita hanyalah akan dijadikan pasar saja, tidak dapat untung apa apa.

Saya dengar, di daerah masih ada perizinan yang lama. Izin  itu ya hitungan hari. Kalau lebih seminggu, ya akan ditinggal. Ini kok diam, ngerti atau tidak.  Pulang dari sini Saya berharap Bupati menyiapkan perubahan lebih baik, bisa melakukan loncatan dengan negara lain. SDM kita tidak kalah, harus bisa bersaing,” sergahnya.

Bupati harus membangkitkan daerah masing-masing, dan lebih fokus dalam realisasi anggaran terutama yang menjadi potensi daerah. Tidak lagi anggaran dibagi rata di tiap dinas, sangat kuno. “Jangan rutinitas, monoton dan linear. Pilih satu atau dua unggulan, diangkat betul dan jadikan  brand daerah. Lanjutnya.

Munculkan lompatan – lompatan. Saya titip, panggung politik kita masih didominasi jiwa - jiwa  yang kosong dan kering. Kita butuh jiwa yang mulia, moralitas yang baik, akan budi yang baik, untuk mengantarkan Indonesia  yang maju dan sejahtera,” tandas  Jokowi.

Usai membuka  resmi Apkasi Otonomi Ekspo 2017, Presiden Jokowi, didampingi sejumlah Bupati se Indonesia, termasuk Bupati Jember dr Hj Faida, MMR, mengunjungi stand /booth pameran produk inovasi daerah dan potensi wisata masing – masing. (eros/hms)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: