"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Saturday, July 22, 2017

Kejari Jember Selamatkan Uang Negara Lebih Rp 3 Miliar

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Tidak ingin menanggung hutang perkara, Kejari Jember menyelesaikan sejumlah perkara. Tak tanggung-tanggung uang yang bisa diselamatkan hampir mencapai 3.5 milyar rupiah.

Uang yang itu berasal dari bidang pidana khusus dan bidang perdata serta tata usaha negara. Demikian ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Jember Ponco Hartanto, saat menyampaikan hasil kinerja selama setahun usai Tasyakuran hari adhyaksa yang ke 57 dan Hari Ikatan Adhyaksa Darma ke 17 di Kajari Jember.

“Uang itu diperoleh dari Janurai hingga 7 Juli 2017, sebesar Rp. 3.392.213.048, dari perkara bidang pidana khusus sebesar. Rp, 441.513.000.-, dan dari bidang perdata dan tata usaha negara Rp. 2.950.700.048,  hasil penagihan, atas skk dari dispemasdes, bpjs ketenagaan, RS dr Soebandi, dan PDAM.  

Lebih lanjut Ponco menjelaskan bahwa sejumlah perkara bidang pidana khusus yang saat ini ditangani, masing-masing, adalah, penyelidikan ada dua perkara, yaitu Asosiasi Kabupaten (ASKAB) PSSI dan Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP), penyidikan ada 5, sedangkan penuntutan ada 6 perkara.

Selanjutnya dalam bidang intel, dalam bidang intelijen sekarang ini, diutamakan melalui Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), Kejaksaan dapat permohonan, dari instansi pemerintah Kabupaten Jember sebanyak, 8 pemohon.

“Jadi Tim TP4 yang diketuai oleh kasih intel, ada pengawalan permohonan pembangunan sebanyak 8 pemohon, yaitu, antara lain, Bina Marga, Cipta Karya, Rumah Sakit dr Soebandi, IAIN, Unej, Dinas pertanian dan dinas Perikanan” Jelasnya.

Untuk Pidana Umum, menerima pelimpahan perkara dari kepolisian, sebanyak 800 perkara, yang menonjol atau yang banyak, secara berurutan, narkoba, obat-obatan, UU kesehatan, perlindungan anak atau pencabulan, Selain itu yang paling menonjol, didominasi pencurian dengan pemberatan (curat).  

Sedangkan untuk bidang perdata dan tata usaha negara, MoU sebanyak 75 buah, pendapat hukum atao LO, 3 LO, pendampingan hukum atau legel asisten, sebanyak 1 buah, surat kuasa khusus, sebanyak 1131 skk, Pemulihan keuangan negara total keseluruhan, rp. 2.950.700.048. (eros/edw)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: