"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, July 21, 2017

KPU Jatim Resmikan Rumah Pintar Pemilu Pandalungan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Anggota KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, S. Sos, Jumat siang (21/07) resmikan Rumah Pintar Pemilu Pandhalungan di kantor KPU Jember Jl. Jawa Kecamatan Sumbersari

Peresmian di tandai dengan Pemotongan pita dan Pemotongan Tumpeng, disaksikan para anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Bakesbangpol Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember serta Relawan Demokrasi.

Rumah Pintar Pemilu (RPP) Pandhalungan ini di bentuk berdasarkan SE. KPU-RI No.54/KPU/I/2017 tertanggal 16 Januari 2017. untuk memberikan informasi kepada masyarakat Khususnya Jember seputar Pemilu dan Pemilukada.

"Kehadirannya bisa menjadi satu penentu bagi penguatan demokrasi, sebagai alat pembelajaran demokrasi sejak dini, dimana desain untuk pemilih, berkepentingan untuk memilih, maka mau tidak mau demokrasi sebagai alat di negeri ini" Ujar Ketua KPU Jember Achmad Anies, SE.

Menurutnya tugas KPU merupakan tugas yang besar dan diperlukan tanggung jawab penuh. "KPU bertugas dan memiliki peran sentral dalam pelaksanaan, tentu tanggung jawab yg lebih besar di embannya, maka dari itu kita harus bekerja Sebaik-baiknya" terangnya.

Sementara Gogot cahyo baskoro, S. Sos mengatakan RPP, program pilot project KPU pusat, tdk semua KPU dapat. "RPP sebagai pusat pendidikan pemilih, mendesain pendidikan pemilih, dimana sementara 60 persen yang dapat secara nasioanal, untuk jatim semua dapat" Ungkapnya.

Tujuan dari RPP sebagai peningkatan riterasi politik masyarakat, Paham utuh seputar pemilu dan pilkada dari yang berkompeten, tidak dapat dari info yang bias dan hoax. "Kemudian tujuan kedua volumeritas pemilih untuk terlibat aktif, proses pemilu dan pilkada, semua pihak bisa terlibat," jelasnya.

Dikatakannya ketiga peningkatan pastisipasi masyarakat dari pemilu ke pemilu, Ia mengingatkan 2015, turun 6 persen turun untuk kabupaten Jember. "Kita berharap nanti pilkada jatim bisa lebih meningkat, meskipun tidak punya kewenangan anggaran, Paling tidak bisa meningkat 50,2 persen" harapnya.

Anggaran yg dimiliki KPU jember terbatas, hanya 35 jt saja, memang KPU memperbolehkan kita untuk akses anggaran di luar kabupaten, bisa APBD, dari swasta atau swadaya. "Mari bersama-sama mengajak siswa siswi pemilih mengajak pemilih, dan bisa memanfaatkan RPP dimana ini untuk Umum" Tutupnya. (edw)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: