"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Senin, 31 Juli 2017

Musim Kemarau, Petani Situbondo Beralih Jadi Pengrajin Batu

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Lantaran tak ada hujan, para petani di desa Bantal, kecamatan Asembagus, Situbondo, Jatim, beralih mengais rejeki jadi pengrajin batu padas.

Pasalnya sudah lebih dari tiga bulan tak bisa bercocok tanam. "Warga biasanya bercocok tanam jagung dan padi mas, namun semenjak kesulitan air. Demi  kelangsungan hidup, warga jadi pengrajin batu",  Kata Sandiono, salah satu warga sekitar yang sekarang menjadi pengrajin batu padas, Senin(31/07).

Pasalnya mereka sekarang tidak tak bisa bercocok tanan, kecuali bagi petani yang mampu bisa menfaatkan air dengan menggunakan  mesin Diesel untuk menyedot air  kebutuhan menyiram tanaman di lahannya. "Meski pekerjan ini melelahkan warga tetap melakukanya ", ujar Sandiono .

Sandiono dalam sehari mampu hingga lima puluh batang  batu cadas yang sudah dibentuk dengan ukuran 80 cm kali 30 cm. Dalam sehari Sandiono mampu menghasilkan uang senilai Rp 35.000, cukup untuk membantu keluarganya termasuk biaya sekolah adiknya. (edo)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

Tidak ada komentar: