"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Rabu, 05 Juli 2017

Paska Lebaran, Pemohon e-KTP Di Situbondo Meningkat

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pasca hariraya Idul Fitri 1438 H, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Situbondo harus kerja ekstra, pasalnya, jumlah pemohon e-KTP meningkat.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Situbondo,Ir. Mohammad Sifa mengatakan, dari hari pertama Senin (3/7) kemarin, sudah terjadi peningkatan jumlah pemohon yaitu mencapai lebih dari 20 persen dari hari biasa atau sebelum lebaran 2017 M.

Jika sebelum lebaran jumlah pemohon adminduk rata-rata mencapai 250 pemohon per hari, pasca lebaran jumlah pemohon antara 400-600 pemohon per hari. “Mulai hari pertama masuk kerja, jumlah pemohon membludak, yaitu meningkat 20 persen lebih dari hari biasanya,” kata Sifa. Rabu (5/7).

Membludaknya jumlah pemohon sudah diprediksi, sebab, saat lebaran warga yang bekerja ke luar kota atau ke luar negeri banyak yang pulang ke kampung halaman dan dimanfaatkan mengurus adminduk. “Peningkatan tersebut rata-rata didominasi warga yang bekerja di luar Kabupaten Situbondo,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi, sehari sebelumnya sudah disiapkan. “sejak Minggu (2/7) lalu semua alat sudah kami cek, selain itu kami, juga menambah jam operasional mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. serta menambah 2-3 jam lembur bagi petugas KTP. ” terang Mantan Kepala Dinas Pertanian Situbondo itu.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Fauzia Mariana Hadi,SH. mengatakan pemohon rata-rata mengurus Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), selain perpanjangan Surat Keterangan (Suket).“Karena blangko KTP-el pendistribusiannya belum maksimal, pemohon memperpanjang Suket,” tandasnya.

Fauzia memprediksi, pemohon akan terus berlangsung hingga beberapa hari ke depan. Sepanjang listrik PLN tidak padam, pelayanan akan dimaksimalkan. “Sampai saat ini masih banyak warga yang bekerja ke luar daerah belum berangkat bekerja sebelum pengurusan adminduk rampung,” paparnya.

Dicky Dienial Habibillah W. salah satu Pemohon KTP-el dari Kecamatan Panarukan memberikan apresiasi pada petugas perekaman KTP-el di Dispendukcapil, Karena pelayanannya ramah dan cepat selesai walau puluhan orang antri mau merekam KTP-el tapi tetap teratasi semua," katanya (RT)

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: