"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, July 28, 2017

Wali Murid SMPN di Situbondo Keluhkan Tingginya Daftar Ulang

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR. Com. Sejumlah wali murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Situbondo mengeluhkan tinginya biaya daftar lang usai kenaikan sekolah, yang jumlahnya ratusan ribu rupiah.

"Terus terang saya kecewa dengan kebijakan pihak sekolah,  biaya untuk daftar ulang naik kelas,  sebesar Rp.291, ribu, itu memberatkan, dimana sebelumnya tidak ada biaya untuk naik kelas " ujar Rina salah satu Orang tua wali murid SMP Negeri di Situbondo, Jumat ( 28/07).

Menurutnya, anaknya yang mau naik kelas 9 ditarik biaya Rp 291 ribu, belum lagi biaya kebutuhan fasilitas lainnya, sayangnya hal ini diberlakukan tanpa adanya pemberitahuan ataupun sosialisasi dari pihak sekolah kepada wali murid.  Besarnya daftar ulang kenaikan kelas menurut nya terlalu tinggi.  

Terutama bagi orangtua siswa yang kurang mampu, besaran uang daftar ulang cukup berat, apalagi harus membelikan kebutuhan sekolah anaknya. “Belum untuk membeli buku tulis, sepatu. Untuk daftar ulang saja sudah pusing, kenapa mesti dibebankan kepada  orang tua wali murid,” keluhnya.

Has senada diungkapkan Agus, orangtua wali murid SMP Negeri yang lain. Ia berharap, sekolah bisa memikirkan kondisi orang tua murid. Agus berharap pemkab yang membawahi dinas pendidikan tidak memberlakukan biaya yang sekira memberatkan para wali murid.

“Pendidikan memang sangat penting , apalagi didalam UU telah diamanahkan, sebagai warga negara bangsa indonesia yang baik dituntut wajib mengenyam ilmu pendidikan, akan tetapi pemerintah tidak seratus persen memikirkan orang tua murid yang tidak mampu. "Kalau bisa digratisin saja," Harapnya.

Menanggapi keluhan tersebut menurut ketua DPRD Situbondo Bhasori Sanhaji, harus jelas SOP nya, Dinas pendidikan harus kroscheck ke bawah dan memberikan klarifikasi dam melakukan sosialisasi sebelum diberlakukan agar wali murid bisa memahami. (Edo).

Berita Terkait Pendidikan

No comments: