"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Minggu, 02 Juli 2017

Warga Jember Tutup Lebaran Ketupat Dengan Pawai Pegon

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sambut lebaran Ketupat Idul Fitri1438 H, Warga 3 Kecamatan, Wuluhan, Tempurejo dan Ambulu, Kabupaten Jember Jawa Timur Minggu (1/7), meriahkan dengan Festival Pegon.

Iring-iringan fesval pegon, pada Perayaan hariraya ke 7 tahun ini, di ikuti 60 gerobak (armada tradisional), berhias Janur Kuning, melintasi sepanjang jalan dan pantai kawasan wisata Watu Ulo, kecamatan Ambulu, Saat beristrahat, mereka yang mengangkut anggota Keluarganya juga menikmati makan ketupat.

Kepala Bidang Kepariwisataan Kabupaten Jember, Susmiadi menerangkan, Pegon (Cikar red), merupakan armada angkutan tradisional sejak turun temurun. "pegon merupakan armada angkut hasil pertanian dan muat pasir/bahan-bahan bangunan masyarakat desa pesisir." Ulas Susmiadi

Agar tidak punah, setiap tahunnya pihak Dinas Pariwisata mengadakan festival Pegon, dalam menyambut lebaran ketupat / tujuh hari lebaran Idul Fitri. Setiap peserta diwajibkan menghias, gerobak/pegon agar lebih menarik, yang berjalan sejauh 10 KM dan Ambulu sebagai tuan rumah.

Tradisi ini sudah menjadi agenda tahunan, hal ini menarik bagi wisatawan domistik dan luar Negri, untuk merayakan lebaran ketupat di pinggir pantai payanyangan sambil kenduri ketupat “Kegiatan ini merebutkan 1 ekor sapi, dan 3 ekor Kambing. (edw)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: