"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Jumat, 11 Agustus 2017

Dirjen Pajak Luncurkan program Inklusi Kesadaran Pajak

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) meluncurkan program “Inklusi Kesadaran Pajak” Hal ini guna untuk memberikan informasi pentingnya membayar pajak untuk pembangunan.

Program ini merupakan upaya DJP dengan Kemendikbud dan Kemenristek Dikti selaku pihak yang membidangi pendidikan untuk menanamkan kesadaran pajak kepada peserta didik dan tenaga pendidik melalui integrasi materi kesadaran pajak dalam pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jember Wisnu Indarto saat memberikan sambutan kepada puluhan siswa SD Pelita Hati dalam sosialisasi “Pajak Bertutur” di jalan Karimata Sumbersari Jum’at (11/8).

Menurut Wisnu, sebagai implementasi dari pogram tersebut DJP menyelenggarakan “Pajak Bertutur” untuk pertama kali dengan target minimal 110.000 siswa yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 11 Agustus 2017.

“Integrasi kedua program pemerintah tersebut diwujudkan dengan penandatangan Nota Kesepahaman antara Kemenkeu dan kemendikbud Nomor: MoU-21/MK.03/2014 dan Nomor : 13/X/NK/2014 tentang Peningkatan Kesadaran Pajak melalui Pendidikan,” ujarnya.

Hal itu didukung dengan penandatangan Nota Kesepahaman Nomor: MoU-4/MK.03/2016 dan Nomor: 7/M/NK/2016 tentang Peningkatan Kerjasama Perpajakan melalui Ristek Dikti. “Pembangunan gedung sekolah negeri, jalan, jembatan dan fasilitas umum merupakan dana rakyat yang berasal dari pajak. Katanya

Apabila setiap tahun “Pajak Bertutur” dilaksanakan secara konsisten, bukan tidak mungkin akan terwujud generasi emas 2045 yang Sadar Pajak. “Adik-adik harus paham ya bahwa pembangunan fasilitas umum itu uangnya berasal dari pajak. Jadi sangat penting kewajiban membayar pajak bagi warga negara,” katanya.

Kepala Sekolah Dasar Pelita Hati School Ripka Utami mendukung program itu. “Pihak kami selain memberikan materi di kelas juga turun ke lapangan seperti di pasar, bank, kantor juga suatu saat akan kami programkan berjkunjung ke kantor pahak Jember,” tuturnya.

Salah satu siswi SMAN 2 Jember Aldila Maulina kelas XII IPA 2 mengungkapkan bahwa sosialisasi ini dapat memberikan manfaat. “Kami senang mas, informasi ini dapat menambah pengetahuan pentingnya membayar pajak guna pembangunan agar Indonesia maju lebih baik dan masyarakat sejahtera,” ucapnyas. (midd)

Berita Terkait Pendidikan

Tidak ada komentar: