"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Kamis, 17 Agustus 2017

Drama Perjuangan Letkol Moch Sroedji Meriahkan Upacara HUT RI Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Upacara pengibaran bendera merah putih peringatan HUT Kemerdekaan RI ke -72 di Alun alun Jember, Kamis (17/8), dimeriahkan sosio drama kepahlawanan Letkol Moch Sroedji.

Ada waktu sekitar 25 menit, sosio drama dimulai. Para pemain dan pendukung melibatkan jajaran TNI Kodim 0824 Jember, siswa siswi satya cendika, paguyuban jaranan cemeti amarasuli, paguyuban goes Jember berjumlah 170 orang. Kata Iwan Kusuma, sekretaris Dewan Kesenian Jember (DKJ) sekaligus Sutradara drama ini,

 Sajian apik yang komando Mayor Hadi, Pasiter dari Kodim 0824 Jember, dengan panduan narrator Eko Suwargono, dari DKJ ini membuat penampilan ini, benar – benar ini memukau para pejabat dan peserta upacara, kesan heroic ini menggugah nasionalisme.

Diceritakan Letkol Moch Sroedji, dalam mempertahankan kemerdekaan RI gugur di medan perang. Anggota pasukan resimen Jenderal Soedirman, ini memimpin  perlawanan di Jawa Timur bagian timur. Dalam peperangan di Mumbulsari,  Letkol Moch Sroedji, tertembak dan diseret hingga Alun – alun Jember. Jelasnya

Melihat Sroedji tertembak dan dilempar di got, maka dr  Soebandi, langsung dievakuasi dan membobongnya untuk segera mendapat pengobatan, namun nyawanya tidak bisa diselamatkan. Kisah heroik itu guna menggugah semangat nasionalisme kecintaan terhadap tanah air terutama membangun Kabupaten Jember.

Usai drama ditampilkan, upacara dimulai, Bupati Jember dr Hj Faida, MMR. Sesuai urutan upacara bendera peringatan HUT RI, Hadir dalam upacara itu, Wakil Bupati Drs KH Muqit Arief, Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Dan Secaba, Dan Brigif, Danyon Armed 8 /509 , dan para pimpinan DPRD Jember.(eros)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: