"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Sabtu, 19 Agustus 2017

Peringati HUT RI Ke 72, DKJ Gelar Pertunjukan Reog Ponorogo

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Peringagati HUT RI Ke 72 Tahun 2017, Dewan Kesenian Jember (DKJ) Kecamataan Balung, Sabtu (19/8) dimeriahkan pertunjukan enam Reog Ponorogo, Tari Jatilan dan Bujang Ganong.

Arak-arakan Seni, musik dan budaya tradisional ini bergerak dari Kantor Desa Balung Lor menuju Lapangan Aurora. serta untuk melestarikan seni tradisional, khususnya Tari Jatilan dan Bujang Ganong. Karena seni ini masih serumpun dengan kesenian reog yang cukup diminati oleh masyarakat.

“Kegiatan ini untuk menujukkan eksistensi kesenian jatilan kepada Dinas Pariwisata, Pemkab Jember, serta sanggar-sanggar yang ada di Jember, agar semua bersatu membangkitkan kesenian tradisional ini,” ujar Ketua DKJ, Eko Suwargono, saat ditemui di sela-sela acara.

Acara ini akan digelar selama tiga hari, Sabtu 19 hingga Senin 21 Aggustus. Setiap acara  dimeriahkan pertunjukan Reog Ponorogo.  “Kira-kira sekitar 20 reog se Jatim ikut, mereka hadir dari Ponorogo, Surabaya, Pasuruan, Lamongan, Bayuwangi, dan daerah lainnya,” katanya.

Pantauan dilokasi tampak masyarakat  antusias melihat acara ini.  “Tentu sangat senang dengan adaya acara ini, Karena jarang-jarang ada hiburan [seni tradisional]. Semoga kesenian-kesenian seperti ini bisa terus dilestarikan,” tutur Roni, salah seorang pengunjung .  (eros)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: