"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, August 8, 2017

Warga Lereng Gunung Mayang Gelar Ritual Kembul Bujono

Jember,  MAJALAH-GEMPUR.Com. Ratusan Warga pinggir lahan Perhutani Gunung Mayang, Desa Suco, Mumbulsari, Jember, gelar ritual ruwatan ’Kembul Bujono’ di lereng bukit Watujabang pada malam bulan purnama.

Kegiatan makan bersama dibawah Sabtu (5/8) sinar bulan purnama yang dimotori oleh Dewan Kesenian Jember (DKJ) merupakan awal sebuah gerakan Komunal untuk mengolah lahan pinggiran alas dengan prisip kesejahteraan warga yang berbasis pertanian.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kapolsek Mumbulsari AKP Heri Supatmo dan dari Koramil serta Kades Suco Taufik Hidayat beserta tokoh agama dan tokoh masyarakat serta ratusan warga dua desa Lampeji dan desa Suco Kecamatan Mumbulsari.

Menurut Kepala Desa Suci Taufik Hidayat, giat Kembul merupakan tradisi ruwatan sebagai rasa syukur mereka kepada sang pencipta alam seisinya, “Selain itu sebagai bentuk pelestarian budaya leluhur, sekaligus untuk menyambut hari Kemerdekaan RI Ke 72”. Katanga Selasa (8/8)

Sementara Ketua Dewan Kesenian Jember Eko Suwarjono menambahkan, Kembul (makan bersama) merupakan tradisi masyarakat yang perlu untuk dipertahan lantaran salah satu budaya suatu bentuk kerukunan antar masyarakat petani sekitar hutan.

Selain itu, kegiatan ini dilangsungkan di bawah sinar rembulan, yang jauh dari keramaian kota, nembah kekhusukan berdoa memohon pada sang pencipta, yang sudah turun temurun sekaligus menyambut hari Kemerdekaan."pungkas Eko (edw)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: