"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Jumat, 08 September 2017

FWLM Jember Kecam Pemeras Mengaku Wartawan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejumlah Jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Kabupaten Jember Jawa Timur mengecam aksi pemerasan yang mengaku wartawan.

Pasalnya Prilaku tersebut sangat meresahkan masyarakat dan mencoreng nama baik jurnalis yang seharusnya bekerja menjunjung tinggi nilai kode etik Jurnalis dalan melaksanakan tugas peliputan. Demikian ditegaskan Ketua FWLM Jember, Ihya Ulumiddin dalam rilisnya yang diterima redaksi Jum’at (8/9).

Modus yang dipakai menurutnya beraneka ragam mulai dari masalah proyek, masalah umum hingga masalah perselingkuhan. Mereka juga tak segan mengintai calon mangsa dengan seharian nongkrong di hotel-hotel kelas melati untuk memperdayai korban. Jelas oknum yang demikian bukanlah wartawan profesional.

Apa yang dilakukan Abdul Latif, pria yang mengaku Kabiro salah-satu Koran Mingguan Jatim, yang memeras Guru dan berakhir penangkapan Selasa (5/9) malam oleh Reskrim Polsek Patrang, Polres Jember itu murni perkara pidana dan diluar tugas jurnalis. Untuk itu FWLM meminta polisi memproses sesuai UU Pidana.

 “Menakut-nakuti apalagi memeras, itu jelas sudah diluar tugas jurnalis, selaku kontrol social, edukasi dan informasi Wartawan harus berpedoman pada nilai kode etik jurnalistik dalam melaksanakan tugas peliputan.“ Jelas Pimpinan Redaksi  (Pimred) Tabloid Pena Nusantara  yang akrap disapa Udik ini

Dalam kesempatan itu Udik juga menegaskan bahwa Abdul Latif bukan anggota FWLM dan kepada seluruh wartawan yang tergabung dalam anggota FWLM Jember diharap tetap menjaga soliditas kelembagaan kewartawanan dan profesi secara personal dan institusi.

Masyarakat dihimbau jika menemukan wartawan mengarah pemerasan agar melapor ke pihak berwajib atau ke sekretariat FWLM atau Komunitas Media On Line Jember Komplek Pusasera Tamara Resto  di Jl PB Sudirman 45 (Depan Kodim 0824) Jember / ke no 0882 1716 6816; 0852 5835 5365; 0853 3510 3739. (eros)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: