"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, September 15, 2017

Kemendag Akhirnya Buka Segel Ribuan Ton Gula Petani PG Di Situbondo

Situbondo, MAJALAHGEMPUR.Com. Ribuan ton gula milik petani yang disegel di Pabrik Gula (PG) Panji Situbondo, Jawa Timur, akhirnya dibuka Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan diizinkan diedarkan.

Sebagian masih harus di tes kualitas warna gula dalam larutan (reprocessing) ulang karena belum sesuai standar International Commission For Uniform Methods of Sugar Analysis (ICUMSA) diatas 300. " Total disegel sekitar 3.470,95 ton sejak tanggal 30 Agustus lalu," ujar GM PG Pandjie, Agus Zain Arifin Jumat (13/09).

Menurut Agus, Kementerian Perdagangan, menjelaskan bahwa dari hasil laboratorium ada sebagian gula yang disimpan, lolos standar, ada pula yang belum memenuhi layak konsumsi, sehingga harus digiling ulang. lantaran ada indikasi gula tak memenuhi standar ICUMSA yang ditetapkan” Jelasnya.

 Semakin rendah angka ICUMSA maka tingkat kemurnian gula semakin tinggi. Tingkat ICUMSA bisa terlihat dari warnanya. Gula yang diamankan berwarna kecoklat-coklatan, karena dianggap tidak memenuhi standar. Kalau yang tidak lolos kita arahkan untuk direproduksi lagi. Supaya ICUMSA sesuai standar," kata Agus.

Kemendag mensyaratkan ICUMSA, tak lebih 300, diatas itu, dianggap tak layak. Penggilingan ulang sepenuhnya tanggung jawab pengelola PG, meski milik petani. "iyah itulah (tanggung jawab) dari  pabrik. Yang sesuai (ICUMSA), di bawah 300 lolos, itu dicabut segelnya, karena kualitasnya bagus", jelasnya.

Ada 3200 ton GKP merek PTPN XI hasil produksi PG Pandjie tahun 2017 gula kristal putih sesuai mutu SNI. “Gula itu berada di gudang A dan B, mengacu berita acara pelepasan dan pengembalian barang dalam pengawasan tanggal 24 september 2017 GKP hasil produksi PG Panji sesuai dinyatakan layak edar,” tegasnya. (Edo)

Berita Terkait Pertanian

No comments: