"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Thursday, September 14, 2017

Memanfaatkan Limbah PG Semboro Jember Mencari Cacing

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Warga sekitar pabrik yang biasanya mengeluh dengan limbah, tidak dengan Bahtiar, warga Desa Sidomekar, memanfaatkan limbah Pabrik Gula Semboro mencari cacing.

Pria yang sehari hari sebagai Peternak Ikan gurami ini mengaku sangat terbantu dikala  PG Semboro Kabupaten Jember Jawa Timur ini musim Giling Tebu, dirinya sudah tidak harus lagi membeli makanan berupa cacing sutra Untuk ikan guraminya.

Pasalnya ketika musim giling tebu, cacing Sutra itu banyak di sepanjang saluran sungai Bondoyudo "kali tengah " dusun krajan Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari yang hanya berjarak sekitar tiga  kilo meter dari Pabrik Gula Semboro itu.

“Kalau tidak ada musim giling, saya harus  membeli pakan Ikan Guramin hingga ke kabupaten tetangga, yaiitu di Kabupaten Probolinggo hingga sampai ke Kabupaten Pasuruan, namun ketika PG giling, sungai pembuangan Limbah PG, banyak" Ungkapnya, Kamis (14/9/2017)

Dalam setengah hari, ia mengaku bisa mendapatkan cacing Sutra sebanyak 5 hingga 10 kilo gram, sehingga biaya pengeluaran dapat ditekan hingga 50 sampai 60 persen, "Kalau beli per kaleng ukuran satu 1 kilo, bisa mencapai 15 ribu hingga 20 ribu," Pungsanya. (yond)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: