"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, September 8, 2017

Para Petani Di Situbondo Terancam Gagal Panen

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kemarau panjang di Situbondo membuat debet air sungai menurun, dampaknya petani yang kekurangan air, padinya mengering, mereka terancam akan gagal panen.

Hal ini dikeluhkan Riswanto, menurutnya para petani sekarang banyak merugi, “Kemarau panjang membuat para petani gagal panen,  karena air di saluran irigasi pun mengering total, Keluh seorang petani, warga desa Landangan, kecamatan Kapongan, Riswanto , Jumat (08/09).

Informasi yang dihimpu bahwa debit air di sungai sampean baru yang merupakan lumbung megaliri dua kabupaten Situbondo dan Bondowoso kini terus menurun. Sekarang susah sekali airnya mas, di tamabah  lagi wereng sudah mulai menyerang. Keluhnya.

Sementara untuk mebeli alat menyedot air seperti Bor, tidak mampu.  Untuk itu mereka berharap kepada dinas pertanian dan Dinas Pengairan segera memberikan solusi pada petani untuk mendapatkan air di lahan persawahan sehingga para petani tidak mengalami kerugian besar .

Pihak Pengairan Bina Marga melalui  kabid pengairan saat di konfirmasi mengaku tidak punya hak untuk menjawab karena sudah mejadi satu pintu  kepala dinas Bina Marga Pengairan, Sementara PU Bina Marga Gatot Siswono, saat  dihubngi beberapa kali di kantornya hingga saat ini belum dapat ditemui. ( edo).

Berita Terkait Pertanian

No comments: