"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Rabu, 27 September 2017

Wabup Jember, Kepedulian Sosial Mulai Menipis

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kepedulian masyarakat kepada masyarakat mulai menipis, hal ini tampak dari berkurangnya perhatian tetangga yang mampu kepada masyarakat yang miskin. 

Pernyataan itu disampaikan oleh Wakil Bupati Jember Drs Muqit Arief saat Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi data penerima bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasional (PBI-JKN)  dan Penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Aula Hotel Panorama, Rabu (27/09)

"Saya merasakan kepedulian sosial masyarakat di Jember sudah menipis, pasalnya banyak sekali laporan ada rumah tidak layak, penghuninya sudah sepuh, dan orang yang sakit keras, "Ternyata para tetangga mampu, Seandainya mereka bisa memberikan perhatian itu sangat mungkin.”, Katanya.

Untuk it dihadapan para Kepala desa  Se Kab Jember dirinya minta persoalan itu betul-betul dilakukan pengawalan. Pasalnya Jember yang religius itu, menurutnya bukan hanya masyarakatnya senang shalawatan tetapi lebih kepada perilaku kepedulian kepada sesamanya sesuai dengan ajaran agama.

Hal senada juga diungkapkan Kadinsos Jember Isnaini Dwi Susanty, menurutnya dalam menjalankan Tupoksinya Dinas Sosial tidak bisa berjalan sendirian, harus bersinergi dengan pihak Kecamatan, Pemdes, tokoh masyarakat, dengan RT/RW, Kasunnya.  

"Jadi untuk memvalidkan data harus dibantu, dan penerima manfaat juga agar mengatakan yang sejujur jujurnya. Kalau memang merasa mampu untuk bayar katakan saya sudah mampu untuk membayar, dan saya tidak layak lagi dalam data yang di bantu oleh negara" kata Shanty.

Lanjut Kadinsos, jatah warga miskin sekitar 960 ribu, kalau ditambah (PBID) Penerima Bantuan Iuran yang di Tanggung APBD, lebih satu juta. "Data yang kita kirim ke Pusat, Verivalinya 3  dan 6 bulan sekali, nanti kita akan melaunching SLRT untuk pengaduan," pungkasnya.( edw/gik)

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: