"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Tuesday, October 17, 2017

Anjing Pelacak Polda Jatim Bantu Cari 3 Korban Longsor Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Akibat tanah longsor, usai 4 jam hujan guyur lereng gunung Argopuro, Dusun Kedungliyer Desa Jambesari Sumberbaru, Selasa (16/10) malam, tiga orang dilaporkan hilang.

Tiga  orang  yang masih satu keluarga masih tidak ditemukan, masing-masing terdiri dari Saiful (35), Yana (25) dan Faris (5). Akibat kejadian ini  dua rumah dinyatakan hancur, bahkan 1 rumah tertimbun longsoran, 7 warga berhasil diselamatkan. Pencarian korban hilang dibantu Anjik Pelacak Polda Jatim.

"Musibah itu juga telan korban hewan ternak, diantaranya dua ekor sapi dan 12 ekor kambing, serta dua rumah hancur. Satu diantara dua yang hancur tersebut kondisinya tertimbun tanah," terang Camat Sumberbaru, M Yusuf  di lokasi longsor bersama tim Basarnas, BPBD, TNI, Polri dan Warga. 

Pemilik rumah atas nama Munari kepala keluarga dan tujuh anggota keluarga selamat. Sedangkan Saiful, 35 tahun, kepala keluarga, istrinya Yana, 25 tahun, dan anaknya Faris, 5 tahun, masih belum ditemukan bersamaan dengan rumah yang hilang atau tertimbun longsor.

Selanjutnya, bersama Muspika dan masyarakat, petugas berusaha melakukan evakuasi terhadap korban. Tim juga masih waspada adanya longsor susulan, upaya pencarian korban “Mudah-mudahan ketiga orang yang belum ditemukan memperoleh keajaiban, sehingga selamat semua,” harapnya.

Menurut Plt BPBD Jember, Widi Prasetyo, BPBD masih melakukan pendataan.  “Bantuan sembako, paket sandang, alat sekolah, alat kebersihan, matras, tikar, sarung, selimut dan alat masak sudah kami distribusikan tadi malam, BPBD Jember juga telah membuat dapur umum,” terangnya, Rabo (17/10)

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, SH, SIK, MH, yang memimpin langsung 120 personil serta 80 personil Polda Jatim, bersama 3 Anjing pelacak.  Anjing pelacak langsung melakukan pencarian , kalau gak ada sampai jam 5 sore kita sudahi karena gelap dan rawan.

“Besok pagi pencarian akan kita lanjutkan lagi, dan  epada warga-warga yang ada di lereng bukit mungkin situasi begini Saya juga mengimbau warga harus tetap dan terus waspada adanya kemungkinan terjadinya longsor susulan,” himbaunya .

Pantaun di lapangan tampak Tim Basarnas, Tim Reaksi Cepat (TRC), TNI, Polri, relawan dan masyarakat, saling bahu membahu, dan dalam catatan  Sebanyak 47 Jiwa yang terdiri dari 12 kepala keluarga dilporkan mengungsi dan telah mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Jember. (edw/gik)

Berita Terkait Peristiwa

No comments: