Translate

Iklan

Iklan

Bupati Banyuwangi Beri Kompensasi Penunggu Pasien Miskin

10/15/17, 15:47 WIB Last Updated 2017-10-15T09:22:37Z
Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Bupati Banyuwangi beri kopensasi uang pengganti bagi petunggu pasiean miskin yang dirawawat  di Puskesas atau Rumah Sakit Kelas III, sebesar 40-75 ribu rupiah.

Program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi ini akan direalisasikan mulai tahun depan. Untuk alokasi anggarannya akan diambilkan dari APBD. Demikian  ungkap Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas ketika melakukan kunjungan di UPTD Puskesmas Gitik, Kecamatan Rogojampi.

Menurut  Anas, uang pengganti itu hanya diberikan untuk satu orang. Jika dirawat  tiga hari, maka jumlah uang yang diterima dikalikan 3.  "Jadi, setiap pasien miskin, selain gratis, penunggunya juga menerima uang sebagai pengganti, mereka sudah pasti meninggalkan pekerjaannya," ujarnya.

Alasan inilah, lanjut Anas, penyebab warga miskin enggan membawa keluarganya dirawat. “Dari sini kita coba evaluasi, lalu kita akan anggarkan. Karena PAD kita tahun ini naik, dan dari sektor pariwisata juga naik. Pajak dari para pelancong wisata inilah yang kita manfaatkan,” paparnya.

Selain itu, imbuh Anas, ini merupakan terobosan baru Pemkab Banyuwangi. Dengan target warga miskin agar bisa mempunyai ekonomi yang cukup. "Semoga dengan program ini bisa meminimalisir berbagai permasalahan warga miskin di Banyuwangi," tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes, dr. Widji Lestariono yang mendampingi kunjungan Bupati Abdullah Azwar Anas di Puskesmas Gitik, membenarkan hal tersebut. "Betul mas, itu gagasan bupati dan diharapkan bisa dilaksanakan mulai tahun depan," ucap Kadiskes yang akrab disapa dr. Rio Minggu (15/10/17). (kim).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Banyuwangi Beri Kompensasi Penunggu Pasien Miskin

Terkini

Close x