"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Senin, 09 Oktober 2017

Jadi Linmas Di Banyuwangi Sekarang Harus Lulus SMA

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Perlindungan Masyarakat (Linmas) kini mulai berbenah. Untuk menjadi Linmas saat ini, syaratnya  minimal harus berijazah SLTA dan atau yang sederajat.

Bukan lagi lulusan Sekolah Dasar (SD) seperti dulu, selain itu, anggota Linmas harus mengikuti pendidikan. “Ini saya mengantar surat untuk desa,” Kata Kasi Trantib Kecamatan Rogojampi, Munaji, SP ketika ditemui Poldes di Balai Desa Lemahbang Dewo,  Senin (9/10).

Sesuai Perda No 5 / 2005, yang dulu Hansip sekarang jadi Linmas. “Setiap pengangkatan Linmas itu harus dididik. Kalau dulu pendidikan itu cukup di kecamatan, sekarang menjadi satu di kabupaten karena yang membidangi adalah Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  Banyuwangi,” ujarnya.

Untuk pendidikan, masing-masing desa mengirim satu orang. Dan nanti sesudah pendidikan akan dikembalikan lagi ke desa untuk keamanan desa. “Jadi, orang itu diuji. Setelah lulus ia diberi fasilitas lengkap oleh  pemerintah kabupaten termasuk pakaian, sepatu, training dan tas,” terangnya.

Selain itu, sesuai informasi dari kabupaten, saat ini sedang dipikirkan adanya honor Linmas. “Rencananya setelah pendidikan akan ditugaskan di lampu-lampu merah untuk mengawasi atau menjaga anak punk dan orang gila. Karena Linmas itu termasuk lingkup Satpol PP, cuma bidangnya lain,” paparnya.

Jadi, Satpol PP itu ada Pol PP juga Linmas. Jadi komandan satu di bawah Satpol PP. Di Linmas pun ada jabatan para kabid dan kasi. Kabid Linmas sendiri dan juga ada Kasinya sendiri. Bahkan juga ada kantornya. “Pelatihan Linmas tempatnya di Bangsring, Wongsorejo,” pungkas Munaji. (kim).

Berita Terkait Sosial Budaya

Tidak ada komentar: