"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, October 16, 2017

Jamu Tradisional Minuman Sehat Warisan Budaya Bangsa

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Walaupun tidak menggantikan secara penuh, obat kimia atau modern, Jamu Tradisional warisan budaya bangsa secara turun menurun ini masih terbuka lebar peluangnya.

Hal ini lantaran kesadaran masyarakat Indonesia untuk back to nature atau kembali ke alam semakin hari semakin meningkat, disamping itu penggunaan jamu yang terbuat dari bahan alam ini sudah menjadi tradisi bangsa yang sudah turun-temurun.

Menurut Naning Retnowati, S.TP, MP tampak beberapa sentra usaha dan jenis usaha ini banyak dijumpai di Kabupaten Jember khususnya di Kecamatan Sumbersari, salah satunya adalah usaha jamu tradisional milik Bapak Sutikno dan Bu Sukiyem. 

"Bapak Sutikno memulai usaha dari tahun 1990 dan senantiasa melakukan upaya perbaikan kualitas pada produk jamunya supaya jauh lebih baik dari sebelumnya agar pelanggan semakin merasakan dampak positif pada produk jamu ini" Tuturnya.

Untuk melestarikan pengabdian masyarakat  Pusat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Jember (Polije), Naning Retnowati, S.TP, M.P.  dan dr. Rinda Nurul Karimah., M.Kes dan mahasiswa menggelar pelatihan bertema penerapan keamanan pangan dan hygiene pada produk jamu tradisional.

Menurut dr. Rinda Nurul Karimah, M. Kes kegiatan dilakukan dengan pelatihan dan pembimbingan manajemen usaha, pemasaran dan keamanan pangan melalui penerapan hygiene pada produk jamu mulai produksi, pengemasan dan pemasaran. 

"Kegiatan ini diikuti sebanyak 25 peserta. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan pangan khusunya aspek kesehatan bagi pelanggan jamu sehingga berkontribusi bagi peningkatan kesehatan masyarakat selaku konsumen jamu" terangnya. (edw)

Berita Terkait Kesehatan

No comments: