"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Selasa, 03 Oktober 2017

Komunitas Tanoker Egrang Jember Sajikan Kuliner Sehat



Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Hindari anak suka jajan di sekolah dan di luar rumah, perempuan dari Komunitas Tanoker di lereng Gunung Raung Ledokombo sajikan kuliner menarik dan menyehatkan.

Hal ini dilakukan lantaran anak-anak selalu jajan sembarangan baik di Sekolah maupun di luar rumah. Kondisi ini dikhawatirkan para orang. “Kami membuat kreasi masakan untuk konsumsi sehari-hari yang unik dan sehat” Demikian kata Eny Mely (45), yang diakui Hj Mawardi (50), Halimah (40) Selasa (3/10)

Sasarannya, agar anak-anak lebih menyukai masakan dari dirumah dan membawa bekal ke sekolah, bahkan sudah ada yang memesan.  “Alhamdulillah anak-anak sudah tidak jajan mas, sampai teman-temen anak kita memesan masakann yang sama yang dibawa anak-anak kita,” ujarnya.

Hal senada disampaikan, Hj Mawardi, menurutnya bahan yang dibuat mengutamakan dari disekitar. Jika tidak ada baru di luar. “Kami mengutamakn bahan makanan produk lokal dulu mas, yang terpenting sehat, tanpa penyedap dan ramah lingkungan,” imbuhnya.

Halimah juga membenarkan, bahwa perempuan Komunitas Tanoker sudah sepuluh tahunan. Ada banyak jenis yang disajikan mulai dari sate bandeng, lilit tempe. Ada juga nasi bakar hijau, jamur cakalang yang dikemas dalam daun pisang yang dibakar. Warna hijau didapat dari sari pati bayam dan daun kelor.

“Juga ada Lapis batik yang menggugah selera dengan corak dan warna menarik, sate jamur, sop buntut singkong dan juga minuman ubi ungu, puding pendhalungan serta masih banyak kuliner lainnya yang sangat menarik dan membuat rasa penasaran untuk mencicipi”. Katanya.

Tak hanya dibekali pengetahuan kreasi masakan atau kuliner, Halimah juga dibekali pengetahuan pendampingan anak buruh migrant, mother school, handycraft. “Bahkan kami juga sering mengikuti pameran kuliner di luar Jember seperti Surabaya, Kediri dan pekan lalu di TMII Jakarta mas,” ungkapnya.

Bahkan kuliner ini dijadikan mata pencaharian dengan membuka jasa catering maupun rumah makan. Usaha ini diharapkan dapat mensejahterakan ekonomi warga sekitar Komunitas Tanoker serta mengembangkan potensi wisata Tanoker serta Festival Egrang. (midd)

Berita Terkait Kesehatan

Tidak ada komentar: