"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, October 16, 2017

Politeknik Negeri Jember Gelar Deteksi Dini Kanker Serviks

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Politeknik Negeri Jember (Polije) gelar Early Preventif Ca Cervik Melalui Konseling Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dengan Tehnik See And Treat pada wanita usia subur (WUS).

Dalam kegiatan tersebut, Tim pengabdian masyarakat Polije melalui Pusat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (P3M) menugaskan dr. Rinda Nurul Karimah, M.Kes dan Indah Muflihatin, S.Si.T, M.Kes pada kegiatan konseling terhadap nakes yang terkait dengan pelayanan IVA di kecamatan Sumbersari.

Pengabdian di  dua Fasilitas Pelayanan Tingkat Pertama (FKTP) yaitu di Puskesmas Sumbersari, dikepalai dr. Edwina Purwastuti, MM dan Klinik Sakinah Kaliurang dipimpin dr. Lilik Lailiyah, M.Kes. Demikian ungkap Indah Muflihatin, S.Si.T,M.Kes  disela-sela kegiatan yang di gelar selama dua bulan ini , Senin (16/10).

"Kegiatan dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pembimbingan konseling kepada nakes terkait khususnya bidan pelaksana pelayanan IVA, termasuk dengan pemanfaatan media bantu leaflet promosi IVA"Tuturnya.

Dikatakannya, Salah satu implementasi dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah penerapan konseling dan langsung ditindaklanjuti dengan pemeriksaan IVA pada moment yang dikemas dalam acara betema Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Servix dan Payudara.

"Sesuai gagasan ketua IAD Pusat di Aula Kejaksaan Negeri Jember yang dihadiri oleh bupati Jember dr. Faidah, MMR dan ibu ketua IAD Daerah Jember Ibu Fitria Ponco Hartanto serta beberapa pejabat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember" Paparnya.

Hal senada juga disampaikan oleh dr. Rinda Nurul Karimah. Menurutnya  IVA merupakan metode deteksi dini (preventif) yang sederhana namun memiliki sensitifitas dan spesifitas cukup tinggi sekaligus media terapi (curatif) infeksi pada cervix.

Jumlah pasangan usia subur (PUS) di Sumbersari sebanyak 21.966 orang. Kegiatan ini telah memperoleh hasil dengan peningkatan jumlah cakupan peserta IVA. Faktor yang mempengaruhi WUS tes IVA adalah faktor internal, yaitu pengetahuan dan motivasi. ini dapat ditingkatkan melalui kegiatan konseling.

"Diharapkan dengan adanya konseling maka penyampaian informasi yang baik antara petugas kesehatan dengan masyarakat dan antara masyarakat itu sendiri dapat berkontribusi positif terhadap perilaku pemeriksaan deteksi dini kanker cervix" ungkapnya. (edw).

Berita Terkait Kesehatan