"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, October 29, 2017

Polres Jember Gelar Deklarasi Lawan Berita Hoax

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Polres Jember dan masyarakat Minggu (29/10) Pagi, gelar Deklarasi lawan berita Hoax, pasalnya, selain dapat mengganggu stabilitas keamanan, juga bisa menimbulkan kerusuhan.

Hal tersebut juga bisa berdampak Pidana bagi para Pelaku. Untuk itu dalam rangka Hari Sumpah Pemuda, Polres melakukan langkah Preventif dengan kegiatan bertema “Masyarakat Jember Bersatu Melawan Hoax” yang digelar di Alun-alun Kabupaten Jember Bersamaan dengan Car Free Day.

"Kita memanfaatkan hari Minggu pagi ini karena masyarakat berkumpul, kami memberikan Edukasi kepada masyarakat bahwa pelaku penyebar ujaran kebencian, pelaku pembuat dan penyebar berita bohong itu bisa di ancam pidana Penjara", kata Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo, SH, SIK, MH. 

Selain mengadakan secara Ferbal, secara lisan, himbauan, juga mengadakan treatrical dimana disitu ada tersangka penyebar hoax atau kebencian dikerangkeng. "Kemudian kami juga mengadakan lomba video Instagram, dimana ada himbauan dari mereka sendiri untuk di posting dalam media sosial" ujarnya.

Bahayanya berita Hoax ini bisa memicu emosi suatu kelompok tertentu yang bisa mengganggu jalannya kehidupan, yang bisa mengganggu stabilitas keamanan. "Langkah kita tentu melakukan dua langkah yaitu prefentiv dan prefesive”, Jelasnta.

Prevesifnya sudah kita lakukan dengan menangkap pelaku penyebar ujaran kebencian dengan pelaku pembuat Hoax, sedangkan langkah preventifnya kita lakukan langkah-langkah seperti ini dengan memberikan edukasi bahwa hal tersebut adalah tidak boleh, dilarang, ada ancaman hukumannya." Ungkapnya. (edw)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: