"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Saturday, October 21, 2017

Ribuan Warga Situbondo Gelar Doa Bersama Dan Kirab Santri

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemperingati HSN, Ribuan warga Situbondo  dari berbagai lembaga, Polres, Ansor, forkopimda, santri dan masyarakat  Sabtu (21/10), malam gelar Solawat, doa bersama dan kirap santri.

Kegitan Pemperingati Hari Santri Nasional (HSN), diselenggarakan di sejumlah titik, disamping digelar Polres, di halaman Mapolres Situbondo, kegiatan juga digelar oleh Forkompimda di Alun-alon kota Situbondo dan Pimpinan Anak Cabang  (PAC) Gerakan Pemuda  (GP) Ansor Besuki di pusatkan di kecamatan setempat.

Bukan hanya pembacaan Sholawat dan Doa bersama, perayaan HSN, di Besuki juga diperingati dengan Khotmul Quran,  pembacaan 1 miliyar sholawat nariyah dilanjutkan dengan kirab yang dikemas dengan pawai lampion/obor yang diikuti kurang lebih 300 santri.

Kegiatan di Mapores yang  dipimpin Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafiiyah Sukorejo KHR Azzaim Ibrahimi, dihadiri Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dani Setiyono; S.H., S.I.K., M.Sc. (Eng), Pejabat Utama Polres, Kapolsek Jajaran, seluruh anggota Polres dan Polsek, PNS serta para Tokoh Agama, Ulama, Kyai di kabupaten Situbondo.

Sementara  di di Alun-alun Situbondo dipimpin KHR Moh. Kholil As`ad Syamsul Arifin bersama Bupati, “Semuanya kita lakukan pengamanan yang tujuannya untuk menjaga ketertiban dan jamaah dapat melaksanakan ibadah dengan khusuk.

Dalam kegiatan bertema Situbondo Bersholawat Untuk Persatuan serta Keamanan Bangsa dan Negara ini, Kapolres Situbondo mengatakan bahwa momentum HSN ini hendaknya dapat lebih memperkuat NKRI karena peran santri, ulama, kyai juga berperan dalam perjuangan meraih kemerdekaan Indonesia.

Alhamdulillah acara dapat berjalan lancar, masyarakat, para santri dan jamaah Sholawat  sangat  antusiasme, mereka berjumlah ribuan yang memadati Mapolres bahkan melebihi kapasitas tempat, namun semua tetap berjalan tertib `` ucap Kapolres Situbondo.

Ketua pelaksana GP Ansor Besuki, Moh Ainun Najib mengatakan, acara ini bertujuan mengeratkan silaturrahmi antar pengurus GP ansor ranting langkap dengan masyarakat serta memberikan wadah bagi santri untuk mengaktualisasikan semangat diri yang terarah hal hal Yang positif.

Sementara, ketua PAC Besuki Djufri, mengatakan bahwa khotmil qur'an dinilai bisa menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan terhadap pengurus mushalla dan santri. "Ingin menghidupkan jiwa kesantrian dan masyarakat lebih memahami makna relegius ummat beragama dan bernegara,”Katanya.

Puncak acara, kirab hari santri ini Meliput delegasi setiap mushalla serta TK /PAUD Desa Langkap santri dimeriahkan drumband Pondok pesantren (Ponpes) Al Musyawwir dan Ponpes Burhanul abror, untuk Seni Hadroh dari Ponpes Raudlatul Ulum Langkap. (edo).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: