"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, 24 November 2017

Antisipasi Banjir, Kades Di Jember Buat Perdes Sampah

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Persoalan sampah menjadi masalah serius, dari waktu ke waktu volume sampah terus meningkat, jika persoalan ini tidak diatur dikhawatirkan akan berdampak buruk.

Apalagi terus menerus dibuang ke sungai, akan berdampak pencemaran air sungai, bencana alam, seperti banjir, longsor dan merusak struktur tanah persawahan. Kekhawatiran inilah yang dijadikan Inspirasi Kepala desa Sidomekar Kecamatan Semboro Jember untuk membuat Perdes tentang sampah.


Di Peraturan Desa (Perdes) yang ditetapkan Kepala Desa (Kades) Sidomekar, Ir Sugeng Priyadi, diamanatkan untuk membentuk Tim Satuan Kebersihan (Tim Saber) Desa yang anggotanya terdiri dari seluruh Aparat desa, seluruh Rw Dan Rt yang diketuai oleh Syamsul Kusnindar.

Menurut Sugeng, Tim Saber Desa ini bertugas mengawasi, menangkap bahkan menindak warga yang masih tetap melanggar Perdes (membuang sampah disungai ) dengan memberikan sangsi sesuai yang telah diatur dalam Perdes yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Desa.

"Warga yang membuang sampah di sungai akan didenda 100 ribu, yang memberikan Informasi akan diberi imbalan sebesar 50 ribu," katanya, usai acara bersih bersih yang digelar Tim saber Desa, warga dan Muspika Semboro di sepanjang bantaran aliran sungai Bondoyudo dusun Beteng, Jum'at (24/11/2017) pagi.

Tak hanya bersih bersih, Tim Saber Desa juga memasang sebanyak 90 bener peringataan berukuran 100 x 70 cm, "Perhatian membuang sampah disungai didenda 100 ribu" dipinggir pinggir sungai maupun berem yang posisinya berdekatan dengan jembatan dan jalan raya serta tempat berkerumunnya warga.

"Pembuatan Perdes ini adalah hasil Musyawaroh dan kesepakatan antara pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, yang wajib diketahui warga desa Sidomekar sendiri khusunya dan seluruh warga luar desa secara umum," Jelasnya.

Inovasi ini mendapat sambutan baik warganya, satu persatu warga membersihkan sampah dan menumpuk di bantaran sungai, untuk seterusnya warga mengangkut dengan Mobil sampah yang disediakan oleh Desa setempat ke tempat Pembuangan sampah Akhir (TPA) yang Sudah disediakan oleh tingkat Desa.

"Nantinya Tim saber menyediakan petugas pemungut Sampah kerumah  rumah warga, sedangkan untuk armada angkutannya kami menyediakan Mobil Pick up, harapannya warga tidak membuang sampan sembarangan, " jelasnya.

Camat semboro Daryanto, menyampaikan ucapan terimakasih kepada kepala Desa Semboro yang sudah mempelopori program lingkungan dan kali bersih dengan melibatkan semua komponen masyarakat di wilayah administrasinya,

"Hendaknya kegiatan ini bisa di jadikan contoh oleh kepala Desa lain di wilayah kecamatan Semboro pada khususnya Dan umumnya seluruh Kepala desa se kabupaten Jember, harapannya gerakan kebersihan yang tumbuh dari masyarakat ini akan di jadikan gerakan masal," Pungkasnya. (yond).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: