"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, 22 November 2017

Bakesbangpol Situbondo Sosialisasi UU Ormas

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo, jawa Timur, Rabu (22/11/2017), mensosialisasikan UU Ormas.

Sosialisasi dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh LSM dan Ormas terkait Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Demikian disampaikan Kepala Bakesbangpol, Drs. H. Edi Susilo, M. Si.,  di Depot Restu Jalan PB. Sudirman, Karang Asem Situbondo.

Hadir dalam kegiatan iru beberapa unsur,  Kodim 0823 Situbondo, Polres Situbondo, Kejari Situbondo, Bakesbangpol Propinsi Jawa Timur, Bakesbangpol, 20 LSM dan Ormas se Kabupaten Situbondo dihadiri Ketua dan Pengurus yang berjumlah 100 peserta.

"Dengan sosialisasi ini ormas maupun LSM yang ada lebih tertib administrasi termasuk pada pendaftaran legalitas organisasi. Selain itu untuk penguatan dan penataan Ormas dan LSM yang ada demi pembangunan serta menjaga kondusifitas di Situbondo. Itu harapan Bapak Bupati dan Wakil Bupati ", Ujar Edi Susilo.

Kepala Bakesbangpol Propinsi Jawa Timur, Drs. H. Jonatan, MMT mengatakan, LSM dan Ormas, bagian dari mitra pemerintah untuk memajukan pembangunan.  "Kriteria untuk mendapatkan dana hibah, harus mempunyai legalitas jelas . yang diterbitkan Kemenkumham RI dan sudah berdiri selama 3 tahun ", tuturnya.

Menurut Jonatan, LSM maupun Ormas yang tidak bisa memenuhi UU No. 17 Tahun 2013 tentang legalitas yang dimaksud, maka Bakesbangpol tidak berhak menerbitkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT). Apabila Bakesbangpol Kabupaten tidak selektif dalam penerbitan SKT, maka akan diproses secara hukum .

Sementara Kodim 0833 Situbondo yang diwakili oleh Pasi Intel Kapten Infantri Edy Supriyono, menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan yaitu ditekankan dalam era globalisasi ini dapatnya mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. (edo).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: