"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, 22 November 2017

BPBD Situbondo Akan Merubah Paradigma Antisipasi Bencana

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Jawa Timur, akan merubah paradigma mengantisipasi penaggulangan bencana alam dari Responsif Ke Preventif.

Pernyataan itu disampaikan saat sosialisasi menghadapi musim hujan. "Ini sesuai amanat UU No.24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana yang merubah Paradigma dari responsif ke  preventif” Demikian disampaikan Ketua pelasana BPBD Situbondo, Taufik Hidayat, Rabu, (22/11/2017).

Menurutnya upaya pengelolaan resiko bencana dengan melibatkan beberapa unsur mulai dari Camat, Kasie Tramtib sehingga mereka memahami Pengurangan Resiko Bencana (PRB).  “Merubah kegiatan deforestasi (Penebangan hutan) menjadi kegiatan Penghijauan, penanaman pohon. Selain itu juga Menetapkan dan membuat Tanda-tanda Kebencanaan seperti. Jalur Evakuasi, Tempat Berkumpul”, jelasnya.

Seperti di musim hujan dan disertai angin kencang BPBD Situbondo sudah siap siaga monitoring  tanggap darurat adanya  kemungkinan adanya bencana.

Untuk itu Taufiik mengajak masyarakat untuk Sadar Lingkungan (Darling) menjaga kebersihan tidak membuang sampah sembarangan. Pemangkasan dahan dan ranting di sepanjang jalan.. Pengembangan Desa Tangguh Bencana ( Destana) dan Sekolah Aman Bencana (SAB) akan dilakukqn secara secara bertahap. (edo).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: