"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, November 13, 2017

BPBD Situbondo Minta Warga Waspadai Potensi Bencana

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Badan Penaggulangan, Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Jawa Timur, himbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan  terhadap potensi terjadinya bencana alam.

Seperti Puting beliung, terutama didaerah perbukitan  atau pegunungan yang rawan longsor. Demikian disampaikan  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Taufik Hidayat Melalui Kabid Kewaspadaan Dan Penaggulangan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan, Senin (13/11),

Oleh karenanya, pihaknya berharap agar masyarakat tidak menebang pohon sembarangan di seluruh wilayah yang rawan tanah longsor. Untuk mencegah jatuhnya korban jiwa yang diakibatkan bencana tanah longsor atau angin kencang, warga bisa kembali mengfungsikan ronda malam terutama saat terjadi hujan deras.

Meski, BPBD Situbondo belum menentukan status siaga ataupun tanggap darurat, warga diharapkan tetap menjaga kewaspadaan. "Namun, tetap saja, kewaspadaan harus ditingkatkan mengingat sudah mulai memasuki musim penghujan," katanya.

Semua relawan bencana yang ada di wilayah harus diharapkan mengadakan piket dan melaporkan setiap kejadian yang dianggap membahayakan. Kesiapsiagaan mengantisipasi dan mengatasi bencana alam, tidak harus menunggu ditetapkankannya status tanggap darurat oleh BPBD.

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto SH, mengungkapkan, semua daerah mempunyai potensi bencana, seperti longsor, puting beliung,. Oleh karena itu,  pihak terkait harus melakukan progres kesiapsiagaan untuk mengantisipasi adanya bencana memasuki musim hujan tahun ini. (edo)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: