Translate

Iklan

Iklan

FWLM Jember Gelar Ngopi Bareng dan Diskusi Kebencanaan

11/04/17, 21:16 WIB Last Updated 2017-11-04T16:31:44Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Lintas Media (FWLM) Jember Sabtu (4/11/2017) sore gelar Diskusi Kebencanaan di rumah Kafe Jl PB Sudirman.

Menurut Ketua FWLM Jember Ihya' ulumiddin bahwa, dalam kegiatan rutin yang dikemas dalam Ngopi Bareng FWLM Jember, membahas materi bertema kebencanaan, pasalnya  Jember merupakan daerah Kabupaten yang rawan terjadinya bencana alam baik longsor, banjir, gempa bumi, dan Sunami.

“Karena Jember merupakan salah-satu daerah yang rawan bencana, sebagai jurnalis harus mengambil peran untuk turut serta menginformasikan kepada masyarakat, bukan hanya pada saat dan paska terjadinya bencana tetapi yang paling penting sebelum terjadinya bencana dan cara penanggulangan”, tururnya.

Mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan, dan berkaitan dengan kejadian bencana alam yang akhir-akhir ini kerap terjadi diharapkan kepada masyarakat, untuk selalu hati-hati dan waspada terhadap kondisi alam, cuaca dan lingkungannya.

Dalam diskusi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan  warga Jember Peduli Bencana (WJPB), menurut Pria yang kerap disapa Udik ini meminta para jurnalis, aktif memberikan informasi yang positif, sisi humanisnya, agar tidak terjadi kegelisahan di masyarakat, pintanya.

Menurut Ketua WJPB Jember, Istono Asrijanto, ada 4 kecamatan dari 31 kecamatan yang rawan bencana yaitu Kecamatan Suber baru, Tanggul, Silo dan Tempurejo di 37 desa dengan penduduk sekira 150 ribu. “Lembaga  kemanusiaan kami Fokus pada pra bencana atau, pengurangan Resiko bencana”, Katanya.

Menanggapi kesiapan Jember menghadapi bencana, menurut pria yang disapa Genjur ini bahwa manajemen kebencanaan Jember masih belum siap. “Meski Jember tergolong tinggi tingkat rawan kebencanaannya, namun kesiapan Jember masih masuk dalam katagori scala 2  dari 10”, Jelasnya.

Untuk itu  perlu suport seluruh elemen masyarakat, khususnya pemerintah. Karena persoalan bencana ini bukan hanya relokasi, dampak lain seperti soal sampah, rumah, ekonominya juga harus dipikirkan, yang tidak kalah penting adalah kesiapsiagaan sebelum terjadinya bencana.

“Idialnya yang perlu diselamatkan sebelum terjadinya bencana itu bukan hanya manusianya, tetapi juga kekayaannya seperti barang-barang, binatang  ternak dan aset lain, termasuk bagaimana mengembalikan dampak yang ditimbulkan, yang tidak kalah penting sebenarnya penanggulangan pra bencana ”, lanjutnya.

Untuk itu perlu pemahaman masyarakat bagaimana pengurangan resiko bencana dan kesiapsiagaannya. Karena mereka itu hidup didaerah rentan terjadinya bencana, maka mereka perlu mendapat informasi yang sebenar-benarnya, tidak hoak.

“Disinilah peran media dibutuhkan, kami juga berupaya menyebar banner pemberitahun kawasan daerah rawan bencana melalui banner di sejumlah titik. Hal ini di mungkinkan masyarakat lebih hati-hati dan waspada terhadap alam sekitar,” Pungkas  pimilik Rumah Kafe ini.

Hal senada juga disampaikan Mantan fotografer Antara Hardianto. Menurut Totok di era perkembangan teknologi yang serba cepat ini, wartawan harus memberikan informasi yang benar dan cepat, dan tak kalah penting adalah dibutuhkan persiapan matang dalam peliputan kebencanaan.

“Bukan hanya fisiknya saja tetapi juga peralatan harus benar-benar siap, sebelum berangkat harus di cek terlebih dahulu, termasuk sumber berita harus kompeten, kantongi nomor-nomor penting seperti BPBD, Basarnas, Dandim, Kapolres dan suber berita yang berkompeten lain”, katanya.

Diberitahukan bahwa dalam kegiatan diskusi yang dikemas dalam acara Kebencanaan ini hadir sebagai nara sumber adalah Ketua WJPB, Istono Asrijanto, dan Mantan Wartawan Intara, Hardianto sementara perwakilan dari BPBD Jember berhalangan hadir.  (eros)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • FWLM Jember Gelar Ngopi Bareng dan Diskusi Kebencanaan

Terkini

Close x