"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, 29 November 2017

Hama Lalat Buah serang Tanaman Jeruk Petani Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Disamping harga turun, kisaran 3000, di musim hujan ini, Jeruk petani di Jember Jawa Timur diserang lalat buah, sehingga banyak yang membusuk dan rontok dari pohonnya.

Akibatnya para petani banyak yang merugi bahkan Kolep (bangkrut) hingga puluhan juta rupiah. Hal ini dialami pemilik kebun jeruk asal Desa Sidorejo Kecamatan Umbulsari Juman (48), kurang lebih satu petak ukuran 1/2 bahu (3700 meter persegi) Jeruknya ludes karena rontok.

Bahkan menurut Juman  diperkirakan setiap hari ada puluhan kilo jeruknya yang rontok dari pohonnya. "Ya setiap harinya kurang lebih 40 kilo  lah yang rontok, itu  setiap hari," Ungkap mbah Juman saat dikonfirmasi di kebun  jeruknya, Rabu (29/11/2017).

Disamping karena tidak mampu membeli obat obatan pestisida, curah hujan yang tinggi juga menambah uah jeruk semakin rusak. "Gimana bisa membeli obat, kalau harga jeruk murah, untuk itu ia berharap kepada pemerintah mencari solosinya ," jelasnya. (yond).

Berita Terkait Pertanian

No comments: