"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, 19 November 2017

Jember Pecahkan Rekor Muri Bakar 60 Ribu Jagung

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pesta Rakyat Bakar Jagung muda 60 ribu buah yang digelar Pemerintah  (Pemdes) Kemuningsari, Kecamatan Jenggawah Jember Minggu (19/11/2017) pagi, pecahkan rekor MURI.

Acara yang dikemas “Desa Berdaulat Pangan” ini bukti bahwa petani desa Kemuningsari berhasil melakukan swasembada pangan jagung. “Ini merupakan kebangkitan pemuda tani, hari ini merupakan puncak petik jagung.” Jelas  Kepala Desa Kemuningsari Sujarwo Adiwiyono usai acara.

Tampak hadir dalam acara tersebut Bupati Jember Dr Faida MMR beserta Forkompimda, anggota MURI, Maskur Kepala Dinas Pertanian, Muspika kecamatan Jenggawah, Kepala Desa Kemuningsari, Alim Murtadho korda pemuda petani Jember serta segenap tamu undangan dan ribuan pengunjung.

Dirinya menyampaikan rasa bangganya, karena acara yang memecahkan rekor MURI dihadiri Bupati beserta forkompimda beserta segenap tamu undangan. “Yang pasti, kami dan para petani merasa bangga mendapat penghargaan ini, kedepan kami akan berusaha yang lebih baik lagi,” terangnya.

Luasan pertanian jagung di Desanya pada musim sekarang ini sekitar 400 ha dan 90 persen ditanami jagung dan hanya 10 persen tanaman lainnya.  Jadi jagung merupakan komodite yang ada dimasyarakat setiap hari yang dikelola oleh masyarakat dan sudah tidak asing lagi bagi mayarakatnya.," tambahnya.

Kegiatan  yang diprakasai Gerakan Pemuda Tani (Gempita) yang melibatkan petani ini, dimaksudkan agar para pemuda lebih mencintai pertanian dari pada bekerja diluar. “Disamping itu juga sebagai bentuk rasa syukur kita kepada tuhan, bahwa, desa ini mampu memproduksi jagung sebanyak ini ," jelasnya.

Untuk itu Koordinator Gempita, Ali Murtado, mengajak para pemuda kembali kedunia pertanian, "Tenaga pertanian kita rata rata usianya 50 th, apabila para pemuda tidak turun kepertanian tentu negara kita tidak akan bisa mencapai ketahanan pangan, pemuda tani hadir agar bisa menjadi spirit," katanya

Hal senada disampaikan Bupati Jember dr Faida MMR, Faida mengapresiasi kegiatan ini. “Ini membuktikan akan kebangkitan pemuda petani di jember, Kami sangat senang dan mendukung sekali, hal ini hendaknya di pertahankan dan menjadi contoh untuk pemuda-pemuda petani di desa lainnya” Katanya.

Dirinya  juga mengucapkan banyak terima kasih kepada kepala desa beserta seluruh yang mendukung atas terselenggaranya acara. “Ini pencapaian yang sangat luar biasa, disamping memecahkan rekor MURI, juga membangkitkan gairah pertanian di Jember,” pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa sesuai data dari Museum Rekor Indonesia, pemecahan rekor bakar jagung terpanjang adalah warga Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, sepanjang 2.5 kilo meter, sedangkan di Jember adalah Jumlah tongkol jagung yang dibakar bersama-sama sebanyak 60 ribu tongkol. (edw/eros).

Berita Terkait Pertanian

No comments: