"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, 19 November 2017

Wakil Ketua DPRD Jember; Keluarga Harus Ambil Peran Berantas Narkoba

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemberantasan peredaran nanrkotik dan obat-obatan terlarang (Narkoba) tidak hanya tugas kepolisian, masyarakat, orang tua dan keluargapun juga dapat berperan.

Banyaknya penyalahgunaan narkoba oleh remaja ini, Wakil ketua DPRD Jember dr. NNP. Martini G bersama jajaran kepolisian yang dipimpin Kapolsek Kaliwates Kompol Harwiyono SH, Marini melakukan bimbingan dan penyuluhan serta sosialisasi bersama dengan ibu-ibu PKK di Kelurahan Jember Kidul.

“Peredaran narkoba di Indonesia sudah memasuki fase gawat, bahkan jadi ‘hantu’ bagi orang tua, karena tidak hanya di kota-kota besar, tetapi sudah merambah ke pedesaan, untuk itu tidak hanya tugas kepolisian, masyarakat, orang tua dan keluargapun juga harus berperan”,  Katanya, Minggu (19/11/2017).

“Oleh karena itu, perlu kerjasama antara kepolisian dengan masyarakat terutama orang tua dan keluarga merupakan benteng yang sangat kuat untuk memagari generasi muda kita dari bahaya narkoba,” Timpat Panit Sabhara Polsek Kaliwates Ipda Yudiantoro yang ikut menjadi pemateri dalam pertemuan tersebut.

Yudi juga mengatakan bahwa orang tua juga perlu mengetahui gejala dan tanda-tanda kalau anak-anak atau mungkin temannya terindikasi sebagai pengguna narkoba, terlebih ibu-ibu memiliki hubungan emosional yang sangat dekat dengan anak-anak.

“Biasanya pengguna lupa akan jatidirinya sendiri dan cenderung tertutup hingga pada puncaknya akan mengakibatkan kematian bagi penggunanya, orang tua harus benar-benar memberikan pengawasan yang ketat, dan beri bimbingan kepada anak-anaknya agar tidak sekali-kali mencoba narkoba,” tambah Yudi.

Sementara kapolsek Kaliwates Kompol Harwiyono SH pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa dampak dari penyelahgunaan narkoba yang ditimbulkan sangat bahaya, sehingga perlu adanya peran orang tua untuk membentengi anak-anaknya agar terhindar dari narkoba.

“Bahaya penyalahgunaan narkoba serta dampak yang ditimbulkan sangat besar bagi penggunanya, sehingga kami perlu menyampaikan ke setiap warga melalui penyuluhan-penyuluhan ke tiap-tiap kelurahan,” ujar perwira yang pernah menjabat sebagai Kasatintel Polres Jember dan Banyuwangi ini. (eros).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: