Translate

Iklan

Iklan

Diskes Banyuwangi Approach Pasien Kaki ‘Gajah’ Besar

12/23/17, 19:18 WIB Last Updated 2017-12-23T12:22:32Z
Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Dinas Kesehatan (Diskes) Banyuwangi upayakan penanganan Tasmuni (28), warga yang kaki kirinya dari betis hingga punggung telapak kaki, membekak ‘Gajah’ besar.

“Yang bersangkutan sudah dalam pantauan Puskesmas Kabat. Dan sudah diperiksa PA (Patologi Anatomi) bulan September lalu, dan hasilnya ditemukan ada sebuah keganasan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Sabtu (23/12/17).

Kata dokter yang akrab disapa Rio ini, pihak Diskes melalui Puskesmas sudah menyampaikan opsi terbaik kepada pasien tersebut, meski Tasmuni belum mau menempuh jalan penanganan masalah yang diberikan tim dokter.

“Kita akan lakukan approach (pendekatan) secara persuasif meyakinkan pasien ini, bahwa ada jalan terbaik secara medis yang mesti ditempuh. Sudah kami sampaikan opsi terbaik itu sejak pemeriksaan patologi anatomi. Ini memang proses meyakinkan yang bersangkutan agar menempuh jalan tersebut, yaitu diamputasi. Tapi memang semua berpulang kepada yang bersangkutan,” ungkap dr Rio.

“Dari sisi psikologi harus dipersiapkan, maka tim kami terus secara persuasif meyakinkan pasien ini, karena secara medis ini jalan terbaik,” imbuh mantan Kepala Puskesmas Sempu ini.

Ditambahkan Rio, jika pasien tersebut akhirnya berkenan menempuh jalan yang disarankan tim dokter, Diskes akan terus melakukan pendampingan.

“Jika yang bersangkutan berkenan melakukan tindakan operatif, kami akan terus mendampingi dalam upaya meningkatkan kualitas hidupnya, seperti pemberian kaki palsu. Juga akan kami tautkan dengan program dinas lain terkait pemberdayaan ekonomi agar bisa mandiri secara ekonomi,” pungkas Rio.

Seperti diketahui, warga Desa Bareng Kecamatan Kabat Banyuwangi, Tasmuni, menderita penyakit. Di kakinya muncul benjolan besar dari betis hingga punggung telapak kaki.  Hal ini yang membuat Tasmuni kesulitan untuk berjalan dan beraktivitas. (kim).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diskes Banyuwangi Approach Pasien Kaki ‘Gajah’ Besar

Terkini

Close x