"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Friday, 8 December 2017

Jelang Natal Dan Tahun Baru, KAI Daop 9 Jember Inspeksi

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Jelang Natal dan Tahun Baru 2018,  PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember melakukan inspeksi lintas jalur kereta api mulai Pasuruan hingga Banyuwangi.

Inspeksi dan cek lintas jalur rel kereta dilakukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran moda transportasi kereta api selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru yang ditetapkan selama 17 hari yakni mulai 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018.

"Kami bersama Vice President Daop 9 Yuherman sudah melakukan inspeksi dengan menggunakan lori untuk memastikan kondisi prasarana seperti sinyal, wesel dan alat persinyalan berfungsi dengan baik”, kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Luqman Arif di Jember, Jum'at (8/12)

Lebih lanjut Luqman menjelaskan bahwa Pemeriksaan juga meliputi kondisi pelayanan di stasiun seperti ruang tunggu, loket, toilet dalam keadaan bersih, dan nyaman, sehingga fasilitas tersebut diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan penumpang.

Pihaknya juga melakukan "re-freshment" peraturan dinas perjalanan, agar bertugas dengan baik. "Hasil inspeksi yakni prasarana semua baik, sedangkan aspek pelayanan seperti renovasi toilet di Stasiun Probolinggo masih berlangsung dan dipastikan sebelum tanggal 22 Desember 2017 sudah selesai," katanya.

Luqman mengatakan kegiatan pengecekan jalur kereta itu sebenarnya merupakan kegiatan rutin yang dilakukan PT KAI, namun pada momentum tertentu seperti Lebaran dan Natal juga ditingkatkan pengecekan lintas jalur tersebut, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Untuk meningkatkan pelayanan penumpang selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru, seluruh pegawai PT KAI dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun dan tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan," ujarnya.

Setelah rute Pasuruan-Jember, katanya, lori inspeksi PT KAI Daop 9 juga akan dilanjutkan dengan rute Jember-Banyuwangi karena wilayah Daop 9 Jember mulai dari Pasuruan sampai Banyuwangi dengan panjang rel aktif 261 kilometer yang memiliki 33 stasiun.

Di Daop 9 Jember, setiap hari tercatat tujuh keberangkatan KA jarak jauh yakni KA Mutiara timur siang dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara timur malam dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, kemudian KA Sri tanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan.

Selanjutnya KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya,  KA Tawang alun relasi Banyuwangi-Malang, KA Logawa relasi Jember-Purwokerto, dan KA Rangga jati relasi Jember-Cirebon, sedangkan untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal Pandan wangi relasi Jember-Banyuwangi PP. (edw)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

No comments: