"Selamat Hari Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru Tahun 2018. Selamat Hari Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru Tahun 2018.Selamat Hari Natal Tahun 2017 dan Tahun Baru Tahun 2018"
Custom Search

Friday, 22 December 2017

Pemkab Jember Targetkan 3 Bulan 650.216 Anak Punya KIA

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, targetkan ratusan ribu Kartu Identitas Anak (KIA) tuntas 3 bulan kedepan.

Fungsi  KIA mempermudah dan mempercepat mendapatkan akses-akses pelayanan pendidikan, kesehatan, maupun sosial lainnya, untuk itu anak-anak berusia di bawah 17 tahun harus memiliki," Demikian kata Bupati Jember, dr Hj Faida, MMR, usai melaunching KIA di Aula PB Sudirman, Jumat (22/12/2017) siang.

KIA juga bisa melindungi perdagangan anak dan dari hal-hal yang tidak diinginkan, terlayani hak-hak kependudukannya, karena untuk bisa mendapatkan KIA harus punya Kartu Keluarga (KK) dulu. "Maka semua keluarga, yang bertanggungjawab dan sayang anak-anaknya wajib untuk memenuhi KIA," terangnya.

Pelayanan ini, bisa diperoleh di sekolah, Posyandu, rumah sakit melalui pelayanan Tim Rujukan Sosial (TRS) atau kolektif kelompok-kelompok Muslimat, Fatayat, maupun Aisyah. Dispenduk, akan mendatangi tempat-tempat kolektif tersebut. "Kita targetkan tiga bulan mendatang, seluruh anak sudah punya KIA," tandasnya.

Menurut Plt Kepala Dispendukcapil, Sri Wahyuniati tujuan KIA ini untuk meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Sehingga untuk mempercepat pemenuhan tersebut, pihaknya menargetkan KIA tuntas selama tiga bulan kedepan. "Sedangkan target di Kabupaten Jember sebanyak 650.216 anak wajib KIA. Yang terdiri dari 474.894 anak yang sudah memiliki akta kelahiran, dan 173.322 yang belum," pungkasnya. (eros).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: