"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Friday, 22 December 2017

Pengugkapan 1001 Kasus Jadi Kado Akhir Tahu Polres Banyuwangi

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kado Akhir Tahun, Polres Banyuwangi mengamankan 1001 pelaku selama sepuluh hari dalam pelaksanaan Operasi Sikat Semeru tahun 2017 yang terbagi dalam 7 kasus

Masing-masing pencurian disertai dengan kekerasan (Curas), pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), penyalahgunaan narkoba, premanisme dan minuman keras serta kasus lainnya. Mereka mendapatkan sanksi berbeda sesuai dengan pelanggaran yang dilakukannya.

Pengungkapan terbanyak menurut Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny Adityawarman adalah premanisme sejumlah 412 yang membuat 674 orang menjadi tersangka. Sanksi untuk kasus premanisme ini bermacam-macam mulai dari pembinaan, hingga tindak pidana ringan (Tipiring), hingga pidana.

Kasus premanisme ini menurutnya sangat meresahkan masyarakat, namun mereka tidak melakukan tindak pidana. Jadi hanya kita hama melakukan pembinaan saja supaya ada efek jera,” jelasnya  kepada sejumlah media Jumat siang (22/12/17).

Posisi kedua terbanyak dalan ungkap kasus ini adalah minuman keras (Miras). Sebanyak 185 kasus berhasil diungkap dengan jumlah tersangka 293 orang. Dalam kasus ini, polisi  mengamankan 1576 botol arak bali, 100 jerigen arak bali, dan 276 botol minuman keras pabrikan yang terdiri dari berbagai macam merek.

Diketahui, Operasi Sikat Semeru telah dilaksanakan sejak 11 hingga 20 Desember lalu. Pelaksanaannya dilakukan secara menyeluruh hingga ke jajaran Polsek. “Operasi ini merupakan awalan dari pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2017 untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018”, Jelasnya.

Sebelum mengakhirinya pembicaraannya Kapolres berharap akan kegiatan perayaan Natal tahun 2017 dan Tahun Baru 2018 berjalan aman dan lancar. “Semoga pelaksanaan Natal dan tahun baru ini bisa terlaksana dengan aman dan tertib,” pungkasnya. (kim).

Berita Terkait Kriminal

No comments: