Translate

Iklan

Iklan

Banjir Situbondo Merusak Saluran Air Bersih

1/09/18, 22:06 WIB Last Updated 2018-01-09T15:20:29Z
Situbondo, MAJALAH GEMPUR.Com. Intensitas hujan di Situbondo tidak hanya mengakibatkan terputusnya jembatan penghubung desa Kalirejo, Sumber Argo dan Taman Kursi, tetapi juga merusak Pipa Air bersih.

Akibat ambrolnya jembatan dan rusaknya pipa air bersih, ribuan Warga di Lima Desa di wilayah kecamatan Sumbermalang, kesulitan Air Bersih dan aktifitas perekonomian masyarakat nyaris terisolir. Tidak hanya itu bencana banjir juga menyebabkan empat rumah  tertimpa tanah longsor di Desa Alas Tengah.

Sejumlah rumah warga di bantaran sungai Gelindung juga terancam longsor, karena tanahnya mulai tergerus air sungai. “jembatan penghubung antar desa  sepanjang 30 meter ini, merupakan akses vital perekonomian masyarakat”. Kata salah satu tokoh masyarakat setempat, Edi (45), Selasa (08/01).

Terputusnya jembatan, juga mengganggu aktifitas anak sekolah. karena mesin penyedot air dan pipa saluran air bersih banyak yang rusak. Akibatnya sebagian warga menggunakan air sungai. Selebihnya, warga mengambil air bersih di Desa tetangga yang  tak terkena dampak bencana alam.

Karena jembatan ambrol, warga yang aktifitas warga tersendat dan terpakasa harus memutar balik  sekitar enam kilo meter melewati Desa Taman Kursi. Jalan alternatif tersebut konon agak sulit dilalui di musim penghujan. Oleh karena itu,warga meminta dibangun jembatan darurat agar bisa dilalui kendaraan roda.

“jembatan penghubung Desa Kalirejo dan Desa Sumber Argo yang terputus, dibangun pada tahun 2008 silam menggunakan bantuan dana PNPM Rumah warga di bantaran sungai Gelidung itu nyaris longsor, sehingga warga hendak menuju desa lain harus memutar balik sekitar 6 km,” Jelasnya.

Warga meminta Pemerintah segera memperbaiki saluran pipa air, mengingat air bersih menjadi kebutuhan utama masyarakat. Lima desa yang kini kesulitan air bersih, masing-masing Desa Baderan, Desa Taman Kursi, Desa Kelirejo, Sumber Argo dan Taman Sari.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan, mengatakan, saat ini BPBD  bersama pihak terkait telah terjun ke lapangan melakukan kaji cepat, untuk mengetahui kebutuhan mendesak masyarakat. Jika masyarakat membutuhkan air bersih, BPBD siap mensuplay, termasuk bantuan sembako.

Sementara Camat Sumbermalang Sopan Efendi, terus memantau perkembangan di lapangan. Jika hujan kembali lebat dan air sungai deras, warga dihimbau mengungsi ke rumah keluarga yang aman. Sedangkan untuk jembatan putus, masih menunggu langkah penanganan darurat Pemkab.

“Sejumlah daerah di Kecamatan Sumbermalang tergolong rawan bencana longsor, mengingat banyak perumahan warga berada di bawah tebing.  Sopan mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemkab Situbondo, untuk memasang bronjong di sejumlah titik rawan bencana lonsor.,” ujarnya. (edo).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Banjir Situbondo Merusak Saluran Air Bersih

Terkini

Close x