"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Saturday, 27 January 2018

Hama Wereng Mulai Menghantui Petani Padi Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR. Com. Munculnya Hama wereng coklat yang mulai menyerang lahan petani padi Desa Sidomekar Kecamatan Semboro Kabupaten Jember ini sangat menghantui petani setempat. 

Pasalnya hama wereng ini sangat ganas sekali, selain menyerang batang,  juga daun padi, sehingga  warnya daun terserang yang asalnya berwarna hijau dan bagus tiba tiba berubah berwarna coklat, menguning dan selanjutnya mengering, akibatnya tanaman padi akan rusak dan mati. 

Menurut ketua Kelompok tani beteng kulon satu Handoko Warga dusun beteng Desa Sidomekar, munculnya hama ini karena seringnya hujan malam hari. "Hama ini muncul ketika sering hujan malam hari," ungkap Handoko usai menunjukkan kondisi padinya di sawahnya Sabtu (27/1/2018).

Mengetahui kejadian tersebut Kepala desa Sidomekar Ir. Sugeng priyadi didampingi beberapa perangkat desa bersama Babinsa Serma Komariono turun melihat ke lokasi lahan pertanian padi milik warganya yang terserang hama wereng coklat.

"Tadi kami sudah melihat kondisi padinya, sangat prihatin sekali, memang secara fisik terlihat bagus namun apabila hama ini tidak segera di basmi maka tanaman padi rusak milik warga akan rusak dan akan gagal panen," ujar Sugeng didampingi Babinsa desa Sidomekar Serma Komariyono

Untuk itu Sugeng menghimbau kepada para petani agar mewaspadai dengan melakukan pencegahan lebih dini,  "Untuk Dinas terkait dalam hal ini Dinas pertanian Jember kami berharap untuk memberikan bantuan penyemprotan anti hama atau pestisida, " harapnya. (yond/gus).

Berita Terkait Pertanian

No comments: