"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Wednesday, 24 January 2018

Hujan Deras Genangi Ratusan Rumah Warga Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Curah hujan tinggi selasa (23/1/2018) sore hingga malam hari, di Kecamatan Sumber baru dan Kecamatan Tanggul menyebabkan Eskalasi Debit air Sungai meluber.

Seperti sungai Jatiroto, sungai "Kali uling" dan Sungai "Kali Tanggul lama ", akibatnya Desa Sumberagung Kecamatan Sumberbaru, sejak sekitar pukul 22.00 Wib kurang lebih 600 rumah dari 8 RW dari Empat dusun yakni dusunTambak rejo, banjar rejo barat, banjar rejo tengah, banjar rejo timur, Tergenang luapan air sungai.

"Semakin malam debit air semakin naik, tepat sekitar pukul 02.00 Rabu dini hari, Air mulai masuk dalam rumah  warga hingga ketinggian 30 hingga 40 Cm, " ungkap Tugiran Kepala desa Sumberagung Rabu (24/1/2017) Siang sesaat setelah bersama Muspika dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Jember memberikan bantuan makanan  kepada Warga yang terdampak.

Menurut Tugiran genangan Air berasal dari luapan dari Sungai " Kali uling " dan Sungai " kali Tanggul lama " yang berada atau melintas di Desa Setempat yang kembali setelah tidak dapat menembus Derasnya Sungai Jatiroto yang berada di muara ( lokasi pertemuan dari air sungai ) yang terletak di RW 5 Dusun Tambak rejo.

"Jadi ketika arus Air dari sungai kali tanggul lama dan Kali sungai uling ketika sampai di muara, Air balik, karena deras kedua air tidak dapat menembus deras sungai jatiroto terlalu besar sehingga dengan begitu air meluap ke pemukiman warga, " terang tugiran.

Pantauan Media ini, Meski Air genangan hingga masuk kedalam rumah, banyak warga enggan untuk diekskusi, warga memilih untuk bertahan di rumahnya, hanya sebagian atau warga yang sudah lanjut usia dan anak anak di Evakuasi ke rumah saudaranya yang berada di daerah yang tidak tergenang, sementara Untuk barang barang di taruk ditempat yang aman dari air.

" ya mungkin karena sudah terbiasa ya .. mereka (warga) seperti nya sudah faham cara penanggulangannya,  jadi setiap tahun ketika musim hujan warga sudah menaruh barang barangnya diatas seperti diatas almari, ranjang tidur, dan lainnya, sementara untuk ternak di pindah ke daerah yang tinggi,"  ungkap Kepala Kepala dusun Tambak rejo Abdullah mustofa.

Terkait Musibah Luapan air sungai yang menggenangi 8 Dusun Di Desa Sumberagung Kecamatan Sumberbaru terlihat Rabu pagi (24/1/2018), Muspika yang terdiri dari camat Sumber baru Yusuf beserta Aparatur Kecamatan Sumberbaru, Kapolsek Sumberbaru AKP Subagiyo, anggota Koramil 0824 Sumberbaru dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Jember, Rabu (24/1/2017) pagi mendatangi lokasi Banjir, Guna melihat dan melakukan Tindakan prefentif,

" Sebenarnya sudah Sejak tadi malam, setelah mendapat laporan dari warga saya bersama anggota langsung ke lokasi memantau situasi dan sekaligus melakukan himbauan kepada warga agar supaya selalu siaga ketika membahayakan agar secepatnya mencari tempat yang aman, " ungkap AKP Subagiyo Kapolsek Sumberbaru dikonfirmasi media ini.

Kata Kapolsek Sumberbaru yang akrab disapa Subagyo, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut , " untuk korban jiwa tidak ada namun korban harta benda masih dalam proses perhitungan," ucapnya.

Senada dengan Subagyo, Camat Sumberbaru M.Yusuf menghimbau kepada warga yang daerahnya terdampak luapan Air agar selalu waspada, dan selalu berkoordinasi dengan aparat baik Aparatur Kepolisian, perangkat desa dan lainnya sehingga tidak terdapat hal hal yang tidak diinginkan kan terjadi.

" Kepada warga saya himbau untuk selalu waspada dan selamatkan barang barang berharga, dan  selalu berkoordinasi dengan Aparat," Katanya.

Tak hanya itu terlihat dilokasi banjir beberapa personil dari Polsek Sumberbaru bersama beberapa aparatur Kecamatan Sumberbaru dan perangkat desa setempat menyalurkan bantuan makanan dari BPBD Jember, selain itu juga tampak polisi melakukan evakuasi terhadap Lansia dan anak - anak,

" Ini sudah menjadi kewajiban kami, dalam situasi apapun kita sebagai aparat Polri harus hadir memberikan rasa aman dan pengayoman kepada warga, " Ungkap Babinkamtibmas Desa Sumberagung Bripka Selamet riyadi mendampingi Kapolsek Sumber baru AKP Subagiyo sesaat usai Mengevakuasi anak anak dilokasi dikonfirmasi Media ini.


Pantauan media ini dilokasi sekitar pukul 14.00 Wib tampak Kondisi genangan air sudah mulai berangsur angsur surut dan terlihat beberapa warga membersihkan Rumah dari Lumpur yang terbawa Air, sementara di daerah yang airnya masih menggenang mereka berkumpul dan bersiaga sambil bercengkrama. (yond/gus)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: