Translate

Iklan

Iklan

Kebutuhan Telur Situbondo Masih Disuplai Dari Luar

1/15/18, 19:01 WIB Last Updated 2018-01-15T12:23:17Z
Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Mengingat produksi telur ayam, hanya bisa memenuhi kebutuhan sekitar 5 hingga 6 persen, warga di Situbondo Jawa Timur mengandalkan pengiriman telur dari luar daerah.

Pasalnya kebutuhan telur ayam di Situbondo masih cukup tinggi.  Menurut,  Kepala Bagian Perekonomian Pemkab Situbondo Sentot, tingginya kebutuhan telur, sebenarnya bisa ditangkap para peternak. Sayangnya, sejauh ini produksi telur tak mampu memenuhi kebutuhan pasar lokal.

“Pedagang Situbondo banyak di suplay produsen telur dari luar daerah yakni dari Kabupaten Blitar dan Kediri nah, sebenarnya besarnya  kebutuhan pasar lokal yang cukup tinggi ini, menjadi  peluang bagi peternak lokal untuk mengembangkan usaha ayam telur buras, “ pungkasnya,Senin (15/01).

Tim Pengandali Inflasi Daerah sudah melakukan pertemuan lintas Kabupaten. Salah satu kesepakatannya yaitu akan saling memenuhi kebutuhan sembako di daerah masing-masing untuk menekan inflasi.

Lebih jauh Sentot menyatakan, selain telur ayam buras, beberapa kebutuhan pokok lainnya di Situbondo juga masih mengandalkan suplay luar kota, seperti kedelai dan ketan.

“Untuk kedelai, sudah ada rencana  , tinggal memotivasi para petani agar mau menanam. Sedangkan untuk tanaman ketan, tidak semua lahan pertanian bisa menanam, karena sangat rawan serangan hama wereng, selama ini pemenuhan ketan juga disuplay dari luar kota seperti dari Banyuwangi  dan Lumajang,”ujarnya.

Menurut Sentot, ada enam Kabupaten yang sudah melakukan kerjasama, yaitu Situbondo, Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Probolinggo dan Lumajang. Saat ini kesepakatan enam Kabupaten hanya menunggu penandatangan masing-masing  Kepala Daerah. (edo).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kebutuhan Telur Situbondo Masih Disuplai Dari Luar

Terkini

Close x