"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Saturday, 20 January 2018

P2DP Jember Mulai Coklit Daftar Pemilih Pilgub Jatim

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (P2DP) di Kecamatan Tanggul, Jember, mulai melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih Pilgub Jawa Timur 2018.

Sebagai tanda dimulainya coklit Daftar Pemilih, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tanggul, melaksanakan apel dan launching serta penyerahan logistik coklit kepada perwakilan PPDP yang dilaksanakan di halaman Kecamatan Tanggul.

Sebanyak 40 orang tampak hadir, diantaranya  dari PPK Tanggul, Panwaslu Kecamatan Tanggul, Panitian Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) se Kecamatan Tanggul, serta perwakilan PPDP, dan muspika setempat.

Dalam sambutannya, Camat Tanggul, Sukardi berharap, dalam melaksanakan tugasnya para petugas coklit dapat bersikap netral dan memastikan tidak ada satupun warga di kecamatan setempat yang tak terdaftar sehingga tidak tercantum dalam daftar pemilih.

"Saya harapkan untuk petugas coklit bersikap netral dan selalu berkoordinasi dalam pendataan agar lebih teliti dan sesuai petunjuk teknis, sehingga warga yang telah memiliki hak pemilih terdaftar dalam daftar pemilih," ujarnya.

Sementara Ketua PPK Tanggul, Jauhari mengatakan, data pemilih adalah hal yang sangat krusial dalam penyelenggaran pemilu. Karena menurut dia, salah satu faktor yang bisa menjadi tolok ukur sukses dan tidaknya Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur Jatim 2018 ini tergantung pada kualitas PPDP yang bertugas di lapangan, sehingga hasil coklit dapat valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Dan yang penting PPDP harus door to door, dari rumah ke rumah dan tidak boleh dilakukan di atas meja, alias diterawang. Tujuannya, agar data yang dihasilkan betul-betul akurat dan tidak ada pemilih yang tidak terdaftar dalam Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur Jawa Timur 2018 nanti," terangnya. (yond).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: