"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Friday, 5 January 2018

Situs Sejarah Tugu Portugis Di Situbondo Tidak Terawat

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Karena tidak terawat, sebuah monomen sejarah tugu Portugis yang berdiri di desa Pelleyan Barat, kecamatan Panarukan, kabupaten Situbondo, jawa Timur,  terancam rusak.

Monumen sejarah sudah lapuk,sangat disayangnkan bila tak  mendapat perhatian pemkab Situbondo, pada kontruksi yang mulai terkikis  dan cat yang melapisi bangunan tersebut sudah tampak memudar, kumu  dan berlumut.

Salah satu warga setempat, Sugik menyatakan, Tugu Portugis yang masih berdiri tegak hingga kini merupakan satu -satunya peninggalan Portugis sejak tahun penjajahan Indonesia16 abad silam, lamanya. Sugik merupakan salah satu warga yang tinggal di dekat tugu tersebut menyayangkan tugu bersejarah  hingga kini mendapat belum perhatian pemerintah. Padahal kata dia berpotenai untuk dilestarikan menjadi obyek wisata.

“Yang saya tahu tugu itu sudah ada sejak saya kecil, dan menurut cerita dari orang tua kuno, konon  tugu tersebut  dibangun oleh bangsa portugis ketika melakukan penjajahan terhadap rakyat Indonesia pada abad 16 silam”. Ungkap nya Majalah Gempur .com mengajak bincang ,- bincang  , Jumat(05/01/2018).

Kepada pemerintah, ia berharap agar tugu Portugis dikelola dengan baik. Alih-alih, bisa menjadi destinasi wisata.“Saya berharap tugu portugis menjadi wisata lokal khas desa peleyan barat, kecamatan penarukan. Karena bangunan tersebut sangat kental dengan nilai sejarah”. Harapnya. (edo)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: