"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Saturday, 10 February 2018

Anggota DPRD Jember Minta Wali Murid Buatkan KIA Anaknya

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Anggota DPRD Jember, Winti Isnaini mengajak wali murid Sekolah dasar Negeri (SDN) 1 Tanggul, untuk membuatkan Identitas Kartu Indonesia Anak (KIA) pada anaknya.

Ajakan Anggota Komisi C dari Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) ini disampaikan Sabtu (10/2/2018) pagi, saat menjadi nara sumber Sosialisasi KIA yang diselenggarakan oleh pihak SDN 1 Tanggul wetan, di salah satu ruang kelas sekolah setempat. 

Didepan kurang lebih 50 orang wali murid, Winti menyampaikan bahwa KIA sangatlah penting dimiliki Anak selain sebagai peningkatan pendataan, KIA juga Salah Satu dari upaya pemerintah dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara Indonesia.

KIA untuk anak memiliki fungsi yang relatif sama yaitu menjadi tanda pengenal atau bukti diri yang sah saat melakukan pelayanan publik seperti saat mengurus Rekening bank, Paspor atau untuk keperluan lain yang selama ini menggunakan syarat akta kelahiran." Ungkapnya. 

Winti menjelaskan dengan adanya KIA, yang memiliki konsep seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) maka semua identitas akan tercatat dalam kependudukan sehingga membuat proses pengurusan layanan administrasi publik, Akan enak dan tidak ribet. 

"Biasanya ketika mengurusi layanan administrasi seperti  Paspor, anak diminta akte lahir yang bentuknya tidak “moveble” artinya dalam bentuk selembar akta/surat yang tidak mungkin dimasukkan dompet sehingga relatif susah dibawa kemana-mana. " terangnya. (yond).

Berita Terkait Pendidikan

No comments: