"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Sunday, 18 February 2018

DPD APTRI Jatim Minta Cagub Perhatikan Aspirasi Petani Tebu

Lumajang, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dewan Pimpinan Daerah Andalan (DPD) Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI ) Nusantara XI meminta Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur perhatikan Aspirasi Petani Tebu.

Pasalnya Jawa Timur sebagai lumbung gula nasional terancam turun tingkat produktifitasnya mengingat luas lahan tebu yang semakin menyusut. Banyak petani yang mengalihkan lahannya kepada tanaman lain sebagai dampak berbagai kebijakan pemerintah, juga tidak sedikit yang mengalami kerugian.

Bila hal ini dibiarkan terus terjadi maka akan mempengaruhi target produksi gula nasional karena Jawa Timur adalah lumbung gula nasional. Demikian disampaikan dalam rilis yang ditandatangani Ketua DPD APTRI Nusantara XI, Budi Susilo dan Sekretaris  M Ridwan Anshori, Minggu (18/2/2018).

“Petani tebu tidak hanya dijadikan obyek suara saja namun didengarkan aspirasinya, untuk kesejahteraan petani tebu, baik melalui kebijakan on farm seperti bibit unggul, pupuk, alat-alat pertanian dsb. Juga off farm seperti akses pinjaman modal, rendemen dll, mengingat Jawa Timur adalah lumbung gula nasional.

Dalam rangka untuk mengetahui siapa diantara dua calon gubernur Jawa Timur yaitu Khofifah Indar Parawansa dan Syaifullah Yusuf yang memiliki komitmen dan program yang pro terhadap petani dan pertanian pada umumnya, serta petani tebu dan pertebuan pada khususnya.

DPD APTRI Nusantara 11 menyatakan belum menentukan sikap terkait dukungan terhadap calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur. Bila ada pemberitaan ada yang menyatakan dukungan petani tebu terhadap salah satu calon gubernur, hal itu diluar kewenangan. (eros).

Berita Terkait Pertanian

No comments: