"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Friday, 2 February 2018

GP Ansor Kencong dan Siswa SD Asunniyah Santuni Janda

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kencong bersama sejumlah siswa SD Anssuniyah, gelar menyantuni ratusan janda di Kecamatan Kencong, Jember.

 Sedikitnya ada 200 paket sembako yang didistribusikan ke rumah-rumah janda. "Kami memang sengaja mengantarkan ke rumah-rumah, agar kami juga mengetahui kondisi dan kehidupan para janda miskin tersebut secara langsung," kata Ketua GP Ansor Kencong, M Yasin Yusuf Ghozali, Jumat (2/2/2018).

Paket sembako ini, merupakan hasil sumbangan para kader Ansor, siswa dan para pendidik di SD Assunniyah, serta sejumlah donatur. Donasi itu dikumpulkan sejak sebulan terakhir dengan membuka posko.para penyumbang sangat antusias sehingga jumlah donasi yang terkumpul cukup banyak.

"Sementara siswa SD memang sengaja kita libatkan untuk mengedukasi mereka tentang kedermawanan sekaligus mengasah jiwa sosial. Sehingga ketika dewasa mereka bisa berbagi dengan sesama, utamanya bagi warga yang kurang mampu," ucapnya.

Selama pendistribusian, pihaknya juga mengajak para siswa dan guru memberikan langsung. Ketika menyerahkan, para siswa itu terlihat antusias, bahkan ada sebagian yang tak mampu menahan air mata. Mereka terharu saat melihat dari dekat kehidupan salah seorang janda yang telah renta.

Model edukasi ini dapat mengasah kecerdasan spiritual siswa. Sebab, siswa akan bersyukur karena merasa kehidupan mereka jauh lebih baik dibandingkan para lansia. “Saya berharap, kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin, bahkan mampu menginspirasi lembaga pendidikan yang lain," harapnya.

Kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Lahir (Harlah) ke 92 Nahdlatul Ulama (NU), yang bertepatan dengan 31 Januari, “Sebagai organisasi Badan Otonom NU, GP Ansor juga memiliki kewajiban menanamkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin Sebagaimana misi yang diemban organisasi nahdliyin”, lanjutnya.


Salah satu bentuknya adalah, melalui dakwah sosial yang dapat memberi manfaat ke kaum mustadl'afin atau kelompok marjinal. "Di usianya yang semakin matang ini, semoga NU beserta seluruh badan otonomnya semakin mampu memberi manfaat untuk masyarakat, bangsa, negara dan agama," pungasnya. (eros).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: