"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Monday, 26 February 2018

Gus Ipul Blusukan ke Pasar Tradisional Banyuwangi

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Cagub Jatim, Staifullah Yusuf (Gus Ipul)  Senin (26/2/2018)  blusukan ke Pasar Rogojampi, Gus Ipul menggaungkan program revitalisasi pasar rakyat hingga ke pasar-pasar desa.

Keponakan KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) itu tiba di Pasar Rogojampi pukul 06.30 WIB. Mengetahui kedatangan Gus Ipul, tiga pengamen jalanan tiba-tiba mendekat dan menyanyikan lagu 'Kabeh Sedulur' yang mereka gubah dengan menyelipkan Bahasa Using.

Selesai menyanyikan lagu 'Kabeh Sedulur', para pengamen itu diajak masuk ke pasar. Kedatangan Gus Ipul diserbu warga pasar untuk diajak berselfie. "Saya tadi melihat, peresmian bangunan ini di era Gubernur Pak Basofi Soedirman, selanjutnya diperbarui tahun 1996," ungkap Gus Ipul.

Sebenarnya kondisi Pasar Rogojampi masih layak. Namun revitalisasi harus dilakukan untuk menambah kenyamanan, baik bagi pembeli maupun pedagang. Komitmen revitalisasi sejalan dengan arah pembangunan ekonomi kerakyatan. Gus Ipul menyiapkan revitalisasi pasar tradisional, bahkan hingga ke pasar desa.

"Bukan hanya dari sisi fisik, kapasitas pedagang juga ditingkatkan. Dilatih managemen keuangan, bahkan juga dilatih designer interior biar menarik mata pengunjung," katanya.

Untuk menghindari jeratan rentenir, Gus Ipul menyiapkan program pembiayaan yang lebih lunak dibanding prigram kredit yang ada sekarang. "Kita kolaborasi khusus dengan bank, pembiayaannya paling lunak dan mudah bagi pedagang kecil," tandasnya.

Lanagkah revitalisasi pasar bakal dilakukan dengan melibatkan pedagang, mulai tahap perencanaan, penyusunan design, hingga penataannya. "Revitalisasi pasti didahului dengan dialog. Yang menempati pasar kan pedagang, maka aktor utama pedagang.," katanya. (kim).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: