"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Wednesday, 28 February 2018

Kecelakaan Lalu-lintas Masih Dominasi Kalangan Pelajar

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ratusan peserta dari berbagai komunitas Rabu (28/2/2018) mengikuti Apel Akbar Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas di halaman Satpas Satlantas Polres Jember.

Sedikitnya 300 peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut, diantaranya pelajar dari tingkat SMP-SMA dari 5 kabupaten se  wilayah Tapalkuda diantaranya Jember, Lumajang, Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso , club sepeda motor serta club sepeda penyandang disabilitas.

Kasubdit Dikyaasa Dirlantas Polda Jatim AKBP Didik Haryanto selaku inspektur upacara mewakili Dirlantas Polda Jatim, Kombespol Hery Wahono SIK mengatakan, bahwa apel ini untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya, pasanya sebagaian besar korbanya didominasi dari kalangan pelajar.

“Jumlah angka kecelakaan mengalami kenaikan sebesar 6 persen, namun secara kualitas, angka kematian dari kecelakaan di jalan raya ada penurunan 4 persen dari 5794 turun menjadi 5511 dan 40 persen lebih, korban kecelakaan lalu lintas adalah usia produktif atau usia pelajar,” ujarnya.

Untuk Jalur wilayah jatim yang paling banyak terjadi kecelakaan, dominasi jalur Pantura. “Faktor kecelakaan meliputi jalan rusak, cuaca maupun human eror, sedangkan dari segi faktor penyebab kecelakaan, diantaranya faktor jalan rusak, cuaca serta human eror atau kesalahan pengemudi,” lanjutnya.

Didik berharap dengan adanya apel akbar pelopor keselamatan berlalu lintas dengan melibatkan pelajar ini bisa menjadikan pelajar lebih disiplin dan tertib dalam berlalu lintas, tidak hanya bagi peserta apel tapi juga kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan melibatkan anak-anak ini, setidaknya mereka bisa menyampaikan kepada teman-temannya, bagaimana tertib berlalu lintas, juga kepada masyarakat kami menghimbau agar selalui meningkatkan keselamatannya dalam berkendara di jalan raya,” pungkasnya. (edw).

Berita Terkait Pendidikan

No comments: