"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Tuesday, 13 February 2018

Pemdes di Jember Mulai Menggelar Musrenbangdes

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Sejumlah desa di Kabupaten Jember Jawa Timur pada bulan Pebruari 2018 ini mulai menggelar Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa (Musrenbangdes).

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat dan tokoh masyrakat dapat memberikan usulan pembangunan ke pemerintah desa. Demikian disampaikan Camat Rambipuji  usai menghadiri acara Musrenbangdes di salah satu desa di wilayah kecamatan Rambipuji yaitu di Desa Nogosari. Selasa (13/02/18).

“Dalam Musrenbangdes, tokoh atau Masyarakat bisa mengusulkan langsung apa yang menjadi keinginan dalam pembangunan di desa kedepan, sebuah perencanaan yang melibatkan masyarakat langsung ini sangat penting, agar tercipta  transparansi kegiatan pembangunan di desanya”, Jelasnya.

Masih kata Purwoadi, dasar hukum dalam melakukan sebuah perencanaan tersebut sudah diatur dalam Undang-undang," dalam kegiatan Musrenbangdes ini mengacu pada UUD No 25 tahun 2004 tentang system perencanaan pembangunan Nasional,"imbuhnya.

"Benerapa usulan yang akan ditampung dalam kegiatan musrenbang ini meliputi di 4 bidang, seperti Bidang pemerintahan, pembangunan, pembinaan dan pemberdaya,an masyarakat desa, tang mana beberpa bidang tersebut juga sudah diatur di UUD Desa  No 6 tahun 2014 tentang desa,".

Purwoadi berharap, dalam berjalannya kegiatan Musrenbang desa ini dilajukan secara tertib dan menghasilkan beberapa usulan yang akan di tetapkan di tahun 2018.  Selain menetapkan Rkpdes tahun 2018 ini, kegiatan mesyawarah ini juga manampung beberapa usulan untuk tahun 2019 mendatang.  (eros/mam).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: